Tips: Hal2 yang Perlu di Perhatikan Sebelum Membeli iPad

Tips Beli iPad di Indonesia
Tips Beli iPad di Indonesia

Kami akan berbagi Panduan Membeli iPad; Konon Apple Inc, sebelum meluncurkan iPhone yang begitu fenomenal itu, sudah merancang iPad terlebih dahulu. Akan tetapi iPad kemudian meluncur belakangan setelah suksesnya iPhone diterima pasar. Beberapa waktu yang lalu kami telah membahas Tips Membeli iPhone, sekarang waktunya membahas Tips Membeli iPad

Saat ini, iPad yang ada Resmi dijual dipasaran adalah iPad 4 dengan Lightning Connector, secara spesifikasi iPad 4 ini hampir sama dengan iPad 3 cuma beda di Connectornya yang menggunakan Lightning dan juga peningkatan dari sisi prosesor dimana di iPad 3 dengan A5X 1GHz Dual Core menjadi A6X 1.4GHz Dual Core dan GPU dari iPad 3 PowerVR SGX543MP4, sedangkan di iPad 4 adalah PowerVR SGX554MP4. Selain itu iPad juga hadir versi Mini yang diberi nama iPad Mini.

 

Gambar Lightning Connector
Gambar Lightning Connector

Yang juga tak kalah penting ketika bicara iPad adalah kategorinya. di iPad ada dua kategori utama. Yang Pertama adalah iPad WiFi dan yang Kedua adalah iPad 3G. Maksudnya adalah. iPad WiFI berarti untuk bisa berkomunikasi membutuhkan akses WiFi, sedangkan iPad 3G, selain bisa WiFi juga bisa berkomunikasi melalui jaringan seluler.

Anda sedang membaca Panduan Membeli iPad; Sebaiknya beli yang mana?

Memilah iPad
Memilah iPad

Itu pertanyaan yang umum. Jawaban dari kami tentunya adalah terganung kebutuhan dan  adanya jaringan. Maksudnya disini. Jika tempat anda tinggal terdapat koneksi WiFi siap selalu dan anda termasuk jarang beperkegian atau mempunyai perangkat lain yang bisa berbagi WiFi lewat jalur Tethering (iPhone mendukung layanan ini) sebaiknya ambil yang WiFi saja,

Tetapi jika anda tidak yakin adanya jaringan WiFi atau dana anda cukup. Silahkan ambil yang 3G sekalian. Perlu diingat kalau dirupiahkan selisih antara yang 3G dan WiFi sekitar 1.000.000 IDR.

Kapasitas iPad berapa GB yang sebaiknya saya beli?

Apapun itu, semakin besar semakin lega dan semakin bagus. Tapi apakah itu jawaban memuaskan? Tentu tidak. Perlu diingat saat ini iPad 4 hadir dengan berbagai macam ukuran.  16GB, 32GB, 64GB dan 128GB.

Yang tak kalah penting, iPad tidak mendukung Memori Tambahan.  Untuk memilih tentunya sesuaikan dengan Kantong.  Tentunya semakin besar kapasitas simpan harganya juga membengkak.

Kalau saran dari kami, mengingat kapasitas aplikasi2 iOS (iPad dan iPhone) terutama Game2 ukuran cukup besar. Ambil kapasitas 32GB atau 64GB sekalian. Dengan ukuran segitu, kita bisa membawa Video2 koleksi dan juga lagu2 sepanjang perjalanan atau teman  kerja.

Beli iPad di Indonesia atau Beli di Luar Negeri

Nah, iPad ini bukan iPhone, jadi berbahagialah karena beli dimanapun iPad ini berlaku garansi internasional. Bukan rahasia umum, teknologi2 dari Apple sering sekali datang terlambat dibandingkan di Amerika atau bahkan dari Negara tetangga seperti Singapura atau Australia. Hal ini tidak sedikit memacu orang Indonesia untuk membeli dari luar. Jadi jawaban kami, beli dimanapun sama saja. Yang penting pastikan beli di Tempat yang Resmi agar mudah di Klaim kalau ada masalah dikemudian hari.

Beli iPad yang Mana?

Sudah kami ceritakan diawal, iPad terakhir saat ini adalah iPad 4 dengan Lightning Connector. Walaupun demikian, di pasaran masih banyak iPad 2 (Non Retina) dan iPad 3 Baru yang ditawarkan. Tentunya harga iPad2 ini jauh lebih murah dibandingkan yang iPad 4. Jadi sesuaikan budget aja. Toh dengan iPad 3 atau bahkan iPad 2, kalian masih bisa bermain dengan Game2 mutahir yang ada di iOS saat ini.

iPad Mini tak kalah Istimewa
iPad Mini tak kalah Istimewa

Jangan lupakan juga, Apple Inc juga telah merilis iPad Mini dengan ukuran yang lebih kecil dan mudah dibawa kemana, kalau dari kacamata penulis, iPad Mini adalah miniatur dari iPad 2 tentunya dengan desain yang lebih tipis. Bisa juga saya artikan, teknologi layar iPad Mini ini belum Retina Display.

Beli iPad Baru apa Beli Seken?

Semua kembali ke masalah Budget, terkadang beli Seken jauh lebih menguntungkan jika bisa menemukan seller yang tepat. Maksudnya begini, kadang banyak sekali Early Adopter yang cepet jelehan, padahal iPad masih kondisi bagus. Tidak ada salahnya kalian membeli dengan cara seperti itu.

Perlu diingat juga, ketika memutuskan membeli iPad Seken, usahakan Garansi Masih berlaku, penulis pernah punya pengalaman. Ketika perangkat iPad kita bermasalah dan dibawa ke Service Center. Jika garansi masih berlaku besar kemungkinan kita akan diganti dengan UNIT baru. Jadi Garansi itu penting, standard pembelian semua perangkat Apple Inc adalah Garansi selama 1 Tahun sejak tanggal pembelian.

Demikian beberapa hal yang berkaitan Panduan Beli iPad agar supaya tidak salah beli.

9 Comments on "Tips: Hal2 yang Perlu di Perhatikan Sebelum Membeli iPad"


  1. Om Admin,

    Saya mau konsul nih,

    Saya berencana menjual Ipad 4 128GB WIFI+Cell saya ke teman, saya baru beli di Batam beberapa bulan lalu, namun sayangnya kuitansi pembeliannya hilang. Pertanyaan saya
    1. Bagaimana cara memastikan/menunjukkan bahwa ipad saya masih memiliki garansi?
    2. Bagaimana cara memastikan data private saya benar2 aman dari pengguna baru nanti, dan benar2 terbackup bagi saya, karena saya masih berencana untuk menggunakan ipad / iphone lagi nantinya? Saya menggunakan iTunes dan iFunBox di laptop saya (HP).
    3. Bagaimana memastikan bahwa performance ipad saya masih baik sesuai standar pabrikan? dan fyi, saya sudah mengupgrade ke ios7, namun malah sering hang di aplikasi2nya. Apakah bisa direset kembali ke IOS sebelumnya?

    Demikian,

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,

    Irfan – Jakarta

    Reply

  2. mohon informasi, apakah kalau beli ipad dari luar negeri tidak bermasalah dengan sim unlocknya.
    misal beli dari negara singapura (operatornya singtel) lalu digunakan di indonesia dengan lain operator, apa tidak terkena biaya roaming?

    terima kasih penjelasannya.

    Reply

      1. karena kalau beli Ipad (Wi-Fi+cellular) di online store pada salah satu stepnya kita di minta untuk memilih network carrier (at&t, verizone, singtel, dsb).
        nah, apa hal tersebut tdk ada pengaruh ketika Ipad tsb penggunaannya di Indonesia, sehingga sama saja ketika beli Ipad di negeri sendiri?

        Terima kasih atas informasinya.

        Reply

  3. dimana ya kalo mau beli ipad 4 di indonesia yang resmi? karena susah sekali saya temui. terimakasih

    Reply

  4. apakah kalau beli ipad di australia sementara saya tinggal di jakarta .. jika ada kerusakan akan di ganti baru di service center di indonesia?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *