Tips Cara Membeli iPhone 5s Bekas

Modified: July 3, 2014 at 7:48 am

Advertisement

iPanduan.com ~ Tips Membeli iPhone 5s Bekas; Jadi kamu mau upgrade dari iPhone 5 ke iPhone 5s? Atau dari iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S atau bahkan mau pindah dari Windwos Phone atau Android? Hmmm… sebenarnya sih Tips Membeli iPhone 5s bekas yaa mudah saja… Tinggal Cari dan kalau “cocok” bayar.

3 Pilihan Warna iPhone 5s (Gold, Graphite, White)
3 Pilihan Warna iPhone 5s (Gold, Graphite, White)

Nah masalahnya adalah di kata “cocok” tadi. Jadi biar “cocok” nya tadi enaak ini ada beberapa hal yang kalian perlu perhatikan agar tidak salah beli. Tidak membeli gadget dalam karung. He he..

Sebelumnya kami telah mengupas tuntas Tips dan Panduan Beli iPhone seken. Nah kali ini spesial untuk pembelian iPhone 5s saja. Kenapa spesial khusus iPhone 5s? Karena iPhone 5s berbeda dengan generasi iPhone sebelumnya. Monggo simak lebih lanjut.

Advertisement

Pertama: Asli apa Asli atau Palsu atau malah KW?

Nah sekarang lagi marak iPhone termasuk iPhone 5s KW. Harga yang ditawarkan dibawah 3 jutaan. Kalau di liat secara luar sangat “plek” atau mirip sangat, Tapi kalau mau detail sedikit sebenarnya mudah mencari bedanya. Yang jelas produk Apple termasuk iPhone 5s ini Build Quality nya istimewa jadi ketika di pegang di akses menu2nya sangat kelihatan dan mak “cling” begitu lah…

Anda tentu faham kan? Cara membedakan Mana Asli mana Palsu? Wong Cinta Asli dan Palsu aja ketok banget kok masak iPhone 5s nggak bisa?

Kedua: Check Garansi

Nah mengingat iPhone 5s ini belum ada satu tahun dan besar kemungkinan yang jual baru menggunakan iPhone 5s belum ada 1 tahun. Wal hasil Garansinya masih aman jaya. Tidak perlu risau masalah garansi ini. Hanya saja… ini Penting. Kita harus tau iPhone 5s yang kita incer itu iPhone negara mana? Kalau bisa dan saran saya.. cari iPhone 5s bekas yang Garansi Indonesia saja. Itu lebih aman pengurusannya dan lebih Sat-set; Bat-bet™ servicenya.

Kalau kalian sering mendapatkan penawaran iPhone 5s baru atau bekas dengan embel2 International Warranty. Itu lebih baik waspada, karena berdasarkan penelusuran penulis di Diskusi Apple… beberapa penjawab tidak ada satupun yang mengatakan iPhone  memiliki garansi International. Coba simak saja tautan ini Jadi kalau ada yang Klaim memiliki Garansi Internasional itu biasanya kalau nanti benar2 ambil barang itu kalau di check secara online akan ketahuan dari negara mana iPhone tersebut. Masalah garansi mudah saja.. checknya berikut ini. Masuk ke

Settings > General > About > Model

atau kalau tersetting dalam Bahasa

Pengaturan > Umum > Mengenai > Model

Nanti masukkan kode dan angkanya di situs ini. Nanti akan muncul informasinya. Seperti punya kami dibawah ini

Check iPhone berasal dari mana Online
Check iPhone berasal dari mana Online

Tapi bagi penulis Garansi ini penting nggak penting.. saya bukan meremehkan garansi tapi sepengelaman penulis iPhone 4 pertama penulis justru garansi Singapura dan nggak ada kendala sama sekali 🙂

Ketiga: Check Fungsi

TouchID iPhone 5s
TouchID iPhone 5s

Eh iPhone 5s yang tadi kami sempat sebutkan itu Beda. Nah bedanya yang paling “ketara” adalah TouchID (sensor sidik jari) dan M7 Prosesor dan terakhir perbaikan kamera dengan Dual LED Flash. Yang pertama (TouchID) kelihatan. Jadi kalau bisa beli seken yaa ujicoba apakah TouchID masih peka masih fungsi dengan bagus. Untuk M7 Prosesor ini didalam jadi checknya buat jalan.. bukan jalan dibawa kabur tapi check fungsi apakah pedometer berfungsi.

Kemudian Test Kamera. Apakah masih Sat-set; Bat-bet™ dan hasilnya bening… sebening “kamu” …. iya kamu….. Kalau semua masih menghasilkan kata Positip atau Istimewa™ waktunya ke check keempat

Keempat: Factory Unlock atau Software Unlock/Locked

iPhone 5s bekas
iPhone 5s bekas

iPhone 5s dan iPhone2 lainnya hadir dengan dua model. Factory Unlock dan Software Unlock. Nah bedanya adalah begini. Kurang lebihnya beda antara FU dan SU adalah seperti ini. Untuk Factory Unlock (FU) iPhone sudah siap digunakan dengan SIM apa aja ketika dibeli. Sedangkan untuk Software Unlock (SU) kita harus melakukan Jailbreak terlebih dahulu agar supaya bisa digunakan dengan SIM Card operator lain.

Kalau yang beredar Resmi di Indonesia itu biasanya sudah Factory Unlock, jadi beli dan bisa dipake apa saja. Kalau yang Software Unlock atau bahkan masih Locked biasanya hanya bisa dipasangi Kartu SIM tertentu. Biasanya jenis ini iPhone yang berlangganan data atau biaya paket bulanan.

Kalau semua sudah okay tinggal langkah terakhir

Kelima: Check Fisik

Nah ibaratnya kalau Cari Pendamping lah.. ada Bobot, Bebet dan Bibit begitu juga iPhone… fisik ini akan membuat kita semakin jatuh cinta merawatnya atau semakin meremehke… Jadi untuk Check fisik ini silahkan di teliti tiap detailnya kondisinya apakah masih alus mulus atau sudah brocel2 Kalau brocel2 yaa silahkan di nego keras 😉 intinya fisik itu penilaian akhir.. tapi juga penting… seperti halnya cari pasangan… kalau dalemannya bagus luarnya tinggal menyesuaikan… Daleman itu akan lebih langgeng sedangkan bagian luar bisa pudar oleh waktu… *halah*

Ya wis… Teliti sebelum membeli dan Bijak membeli itu lebih nyaman nantinya. Tetap Semangat….

  • Pingback: Tips Cara Membeli iPhone 5s Bekas | Panduan iPhone, iPad dan Mac()

  • Pingback: Tips: Hal2 yang Perlu diperhatikan sebelum membeli iPhone | Panduan iPhone, iPad & Mac()

  • kalis

    gan mohon pencerahannya dong di instagram ada yang jual iphone 5s second 16gbharganya 4,8(nego) katanya dia lagi BU garansinya ses,kartunya gsm,masih bagus bgt no minus,aplikasi downloadnya juga appstore.Tapi dia jual di daerah makasar sedangkan aku di jakarta.menurut gan gimana?mohon bales ya gan

    • Lena

      kalau beli barang second mending liat langsung deh,dan diikuti kiat2 diatas. tp kalau dengan harga segitu sayangg banget krn ibaratnya beli kucing dalam karung. karena harus hati2 sekarang banyak barang rekondisi/replika.

  • Nabila Lee

    NUMPANG PROMO TERBARU DARI SANI SARTIKA SHOP UNTUK THN 2015 BERBAGAI TIPE HANDPHONE SEPERTI BlackBerry>Samsung>Smartfren.
    Sony>Nokia>Apple>Acer>Canon>Dell>Nikon>Oppo>Iphone>Toshiba>Asus>Lenovo>Xiomi>LG>DLL
    Bila berminat silahkan HUB/SMS
    Hotline : 0816-597476 ( BBM 264093EF )
    Samsung Galaxy A3 Baru : Rp. 1.700.000
    Samsung Galaxy A5 Baru : Rp. 2.300.000
    Samsung Galaxy A7 Baru : Rp. 3.000.000
    Apple iPhone 5 32GB Baru : Rp. 2.800.000
    Apple iPhone 5S 32GB Baru : Rp.3.500.000
    Samsung Galaxy Core Duos Baru : Rp. 900.000
    Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Baru : Rp. 1.000.000
    Samsung Galaxy S5 Baru : Rp. 3.100.000
    Samsung Galaxy S3 Baru : Rp. 1.500.000
    Samsung Galaxy Note N7000 Baru : Rp. 1.700.000
    Samsung Galaxy Note 2 N7100 Baru : Rp. 2.000.000
    Samsung Galaxy Y S5360 Baru : Rp. 500.000
    Samsung Galaxy S4 i9500 Baru : Rp. 1.900.000

  • teramax c-bier

    mending bikin diary ja,masa ngebedain asli ama kw dipegang doang terus paham.

    kacau bikin artikelnya!!!

  • Riski Darmawan

    kesimpulan yang bisa gua ambil dari artikel di atas cuma kata kata sat-set bat-bet. Thanks Bro

    • Wisnu

      sesuai slogan iphone di iklan TV 1. “iphone tidak akan membuatmu bertanya-tanya” 2. “kalau tidak bisa begini ya bukan iphone” (kalau gak salah begitu) itu yang dimaksud sat-set bat-bet, kalau kamu nemuin iphone kok ngelag? iphone kok genggamannya kurang mantap? iphone kok kameranya gini? iphone kok…..(bla bla bla)? selama meragukan jangan dibeli.. sekali lagi karena iphone tiidak akan membuatmu bertanya-tanya.
      setauku selama pakai iphone (4s) belum pernah namanya ngelag/ ngehang… Buat yg bikin artikel mantap gan, sangat membantu…

  • Danar Mahardika

    permisi gan saya mau beli iphone 5s 16GB dengan memory 16GB garansi by PLATINUM,
    sebaiknya gimana gan? lebih baik dibeli atau enggak? maaf sebelumnya
    saya masih polos kalo masalah iphone kayak gini, mau coba pakai hp tersebut hehe. terimakasih dan mohon bantuan pencerahan:)