Scan dokumen dengan iPhone, bisa?

Advertisement

Dulu penulis masih ingat saat ingin melamar pekerjaan via online, semuanya pasti minta dok umen dalam bentuk file. Okelah, tidak masalah untuk surat lamaran dan CV (Curriculum Vitae), tetapi tidak untuk bebera dokumen penunjang lainnya, seperti, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) atau  dulu masih SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik), Kartu Kuning atau Kartu Pencari Kerja dari Disnaker, Fotocopy Ijazah yang dilegalisir, sertifikat – sertifikat. Nah untuk dokumen penunjang tersebut tidak mungkin kita kirim via email jika tidak kita scan sebelumnya, betul… betul… betul…?. Kita mesti cari rental yang menyediakan jasa scan, tuh dia duit lagi :D.

Tips iPhone, Evernote, Aplikasi iOS
Scan dokumen dengan Evernote

Saat ini jaman semakin maju, kita tidak akan kesulitan lagi saat kita butuh dokumen dalam bentuk hasil scan, baik JPG, GIF ataupun PDF. Dengan bermodalkan perangkat komunikasi (iPhone) yang kita miliki kita dapat dengan mudah menyecan setiap dookumen yang diperlukan untuk kepentinga tertentu,

Advertisement
seperti yang penulis jelaskan diatas, melamar pekerjaan atau mengirimkan company profile untuk kepentingan kerjasama bisnis.

Lantas apakah cukup hanya iPhone kita bisa? Tentunya tidak, kita membutuhkan bantuan aplikasi untuk melakukan proses scanning (scan). Aplikasi yang hampir semua pengguna iPhone pastinya sudah mengenalnya, yakni Evernote.

Berikut cara scan dokumen di iPhone dengan aplikasi Evernote :

  1. Siapkan dokumen yang ingin anda scan.
  2. Buka aplikasi Evernote di iPhone anda.
  3. Aktifkan kamera perangkat anda dengan menekan ikon aplikasi kamera di bagian atas aplikasi.
  4. Selanjutnya arahkan fokus kamera ke dokumen, sehingga dokumen yang akan anda ambil/scan berada didalam area/border. Anda dapat memilih beberapa pilihan tipe dokumen yang anda scan seperti Note, Foto, Dokumen, Kartu nama.
  5. Setelah anda mendapatkan view / posisi yang tepat untuk hasil scan, ketuk di layar untuk mengambil/scan area tersebut. Hasil scan bisa anda cek di folder Evernote di di perangkat anda.

Done! Ternyata iPhone membantu meringankan kerjaan dan menghemat fulus anda. 🙂