Cara menginstall Virtual Box di Komputer MAC

Saat ini begitu mudahnya kita melakukan sesuatu, seakan orang – orang pintar pengembang aplikasi sudah tahu apa yang kita butuhkan dalam hal ini yang berhubungan dengan komputer dan smartphone. Penulis masih ingat 10 tahun yang lalu disaat penulis ingat menggunakan 2 (dua) jenis sistem operasi berbeda, sebut saja sistem operasi windows dan linux dalam satu komputer. Semuanya begitu sulit dilakukan (mungkin karena penulis belum begitu expert :D), tapi memang demikian adanya. Kita mesti menginstall kedua sistem operasi tersebut dalam satu hardisk dengan partisi khusus untuk masing – masing sistem operasi. Dan nantinyapun ketika baru dinyalakan kita mesti memilih sistem operasi mana yang ingin kita jalankan (dual boot).

VirtualBox, Machintosh, Dual Boot
VirtualBox untuk Komputer MAC OSX

Ya demikian adanya segalanya terkesan ribet dan juga harus extra hati – hati saat menginstal sistem operasi kedua, jika tidak bisa jadi sistem operasi pertama hilang (tidak terbaca saat booting) atau data di sistem operasi pertama yang akan hilang karena salah partisi.

Advertisement

Saat ini tidak demikian adanya, semuanya begitu mudah kita lakukan, jangankan hanya 2 (dua) sistem operasi, 3 (tiga) atau bahkan 4 (empat) sistem operasi dapat dengan mudah kita install di komputer MAC kita. Semuanya dapat kita lakukan dengan bantuan aplikasi VirtualBox for Mac OSX.

Berikut langkah menginstall aplikasi VirtualBox di komputer dengan sistem operasi Mac OSX :

  1. Download aplikasi VirtualBox.
  2. Install aplikasi VirtualBox di komputer Mac anda dengan cara klik 2x hasil donwload.
  3. Klik Next, dan pilih drive dimana VirtualBox tersebut akan anda install, atau anda membiarkannya sistem yang menemukan.
  4. Klik Next, dan biarkan proses installasi hingga selesai.

Selamat mencoba!!!