Cara Mudah menginstall aplikasi android di komputer MAC – Part I

Tips Mac, Virtual mesin, Virtual Box, Virtual Machine
Menginstall aplikasi android di komputer Mac

Tak dapat di pungkiri kini aplikasi – aplikasi android banyak bertebaran di dunia maya. Dengan mudahnya kita dapat mencari dan menemukan aplikasi – aplikasi android yang kita inginkan. Tak hanya yang berbayar, yang gratispun banyak sekali. Entah apa karena sistem operasi android merupakan sistem operasi open source sehingga orang dapat dengan mudah mengembangkan aplikasi – aplikasi yang jalan pada sistem ini. Dan terus terang penulis yang menggunakan sistem operasi windows (dalam hal ini PC ataupun laptop) terkadang merasa iri dengan android, karena mudahnya mencari aplikasi seperti game, tool utility dan aplikasi – aplikasi lain yang penulis butuhkan. Namun semuanya sudah tidak lagi terjadi setelah beberapa orang atau pengembang, memberikan aplikasi – aplikasi yang bisa menjadi jembatan (menjembatani) antara aplikasi android dengan komputer windows.

Tips Mac, Virtual mesin, Virtual Box, Virtual Machine
Menginstall aplikasi android di komputer Mac

Salah satu contohnya adalah BlueStack yang memungkinkan kita untuk menggunakan aplikasi – aplikasi android di komputer windows. Dan apakah anda pengguna komputer dengan sistem operasi MAC juga merasakan hal yang sebelumnya penulis rasakan?. Nah tips atau posting kami kali ini hadir untuk menjadi obat bagi kekecewaan sebagian pengguna komputer MAC yang ingin menggunakan atau menjalankan aplikasi android di komputer mereka.

Berikut tips menjalankan aplikasi android di komputer MAC :

  1. Download dan install aplikasi Virtual Box di komputer MAC anda. untuk cara install silahkan anda baca : Cara menginstall Virtual Box di Komputer MAC
  2. Download Android X86 4.4-r1 di komputer MAC anda
  3. Selanjutnya buka aplikasi VirtualBox yang telah anda install.
  4. Tekan ikon new di pojok kiri atas, untuk membuat mesin virtual (sistem operasi baru).
  5. Ketikkan nama virtual mesin yang akan anda buat, pilih Linux di opsi type dan untuk version, silahkan anda pilih Other Linux (64-bit). kemudian tekan tombol “Continue”
  6. Selanjutnya mengatur RAM untuk virtual mesin ini, anda bisa set ke 256 atau jika komputer atau laptop MAC anda memiliki RAM yang besar, anda bisa set ke 512, kemudian tekan tombol “Continue”
  7. Selanjutnya anda akan diminta kapasitas harddisk yang akan anda gunakan untuk sistem operasi virtual ini, anda bisa memilih antara 2 – 8GB tergantung dari kebutuhan dan banyaknya aplikasi yang akan anda install nantinya, kemudian tekan tombol “Create”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *