Cara memperbaiki koneksi wifi di IOS 8

Sejak hari  hari pertama iOS 8 realese untuk publik, banyak keluhan yang datang dari para pengguna. Mulai dari jaringan selular yang tidak dapat menggunakan Edge only, hingga masalah koneksi Wi-Fi yang sering tersendat. Nah, kali ini kami akan berbagi tips untuk memperbaiki masalah tersebut.

cara memperbaiki wifi di ios 8
cara memperbaiki wifi di ios 8

Advertisement

Matikan Cellular Data Saat Menggunakan Wi-Fi

celular data
celular data

Beberapa followers @MakeMac memberikan sebuah tips sederhana untuk masalah ini. Yaitu mematikan jaringan selular data ketika kamu menemukan jaringan Wi-Fi. Ya, tidak menyalakan keduanya secara bersamaan.

Matikan jaringan selular data dengan membuka aplikasi Settings > Cellular. Tekan knob Cellular Data dan Enable LTE hingga berubah warna abu-abu sebagai tanda sudah dimatikan.

Reset Network Settings

reset
reset

Biasanya ini cara paling ampuh untuk memperbaiki masalah pada koneksi jaringan di iPhone maupun iPad. Contoh penggunaannya adalah memunculkan personal hotspot yang hilang atau password Router yang selalu dianggap salah.

Bagaimana cara melakukannya? Mudah saja, buka aplikasi Settings > General > Reset. Tekan teks Reset Network Settings. Jangan takut, pengaturan ini hanya akan menghapus semua catatan yang berhubungan dengan jaringan internet. Tidak akan menghapus data atau aplikasi yang kamu instal.

Matikan Fitur Wi-Fi Networking di System Service

network
network

Masih merasa performa Wi-Fi kamu belum membaik? Coba tips kedua yang ditulis oleh MacRumors berikut ini. Beberapa pengguna di forum tersebut memberi saran untuk mematikan fitur Wi-Fi networking di pengaturan System Service. Apa sih sebetulnya manfaat dari fitur tersebut?

Dari laman diskusi Apple, dijelaskan bahwa fitur ini berfungsi untuk membantu Apple mengumpulkan database jaringan Wi-Fi publik berdasarkan lokasi. Kemungkinan sih fitur ini mengalami masalah di iOS 8. Bagaimana cara mematikannya? Simak langkahnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Settings > Privacy.
  2. Masuk ke bagian Location Services lalu scroll hingga bagian paling bawah. Tekan teks System Services untuk masuk ke pengaturan tersebut.
  3. Sudah? Sekarang cari pengaturan Wi-Fi Networking lalu matikan knob hijau di sebelah kanan layar.
  4. Tutup aplikasi Settings dan sekarang coba buka peramban Safari dan coba performanya, apakah sudah membaik?

 

Ubah Pengaturan Router Milikmu

Langkah ini khusus untuk pengguna yang paham dengan pengaturan Router atau memiliki hak akses terhadap perangkat tersebut. Coba ganti standar koneksi dari 802.11n, menjadi versi G. Atau kamu juga dapat mengubah frekuensinya dari 2.4 Ghz menjadi 5 Ghz.

Beberapa pengguna melaporkan hal ini bisa memperbaiki koneksi. Tidak ada salahnya jika kamu turut mencobanya.

Jurus Terakhir, Clean Restore

Meskipun cukup memakan waktu, clean restore menjadi opsi yang bisa kamu pertimbangkan untuk dicoba. Maksud dari clean restore adalah melakukan instal ulang pada perangkat iOS 8 tanpa mengambil backup yang pernah kamu buat. Tutorialnya dapat kamu cek di artikel cara update iOS 8 yang pernah saya buat.

Setelah melakukan clean restore, lakukan beberapa percobaan terkait jaringan Wi-Fi. Bila memang tidak ada perubahan berarti, kembalikan data kamu yang sudah di backup dengan teknik restore from backup.