Adu kecepatan Wi-Fi iPhone 5s dan iPhone 6 Plus

Modified: October 9, 2014 at 2:10 pm

Advertisement

Internet cepat seakan telah menjadi kebutuhan hidup yang mutlak bagi pengguna smartphone, tak terkecuali Apple. Hal ini dibuktikan dengan pengembangan teknologi Wi-Fi di produk-produk terbarunya.

wifi add
wifi add

Advertisement

Berbeda dengan iPhone 5s yang memakai teknologi Wi-Fi 802.11n, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sudah dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11ac. Apple pun mengklaim jika Wi-Fi yang tertanam di kedua varian iPhone 6 mampu membuat browser ‘melaju’ hingga tiga kali lebih cepat di dunia maya. Benarkah demikian?

Untuk membuktikan kebenaran klaim dari Apple tersebut, kru iClarified telah mengunggah sebuah video tes kecepatan Wi-Fi di laman YouTube mereka. Sebelum memulai percobaan, iClarified memastikan kedua smartphone yang kali ini akan diuji, iPhone 5s dan iPhone 6 Plus telah berada dalam kondisi yang seimbang.

Kedua smartphone tersebut diatur agar menggunakan sistem operasi iOS 8 (awal). Kru iClarified juga menggunakan jaringan stasiun Wi-Fi milik Apple, Apple AirPort Extreme, agar bisa diperoleh kecepatan yang diinginkan. Stasiun Wi-Fi ini juga sudah mendukung teknologi Wi-Fi 802.11ac milik iPhone 6 Plus, Ubergizmo (01/10).

Terbukti, setelah melalui beberapa kali percobaan, kecepatan koneksi dari iPhone 5s hanya sekitar 90-100 Mbps. Sementara iPhone 6 Plus berkali lipat lebih cepat dengan kecepatan 240-270 Mbps!

Namun, ini hanya gambaran performa Wi-Fi kedua produk Apple teranyar tersebut. Kecepatan Wi-Fi juga sangat dipengaruhi oleh jaringan akses yang diberikan oleh ISP (Internet Service Provider). Oleh sebab itu, akses internet via Wi-Fi yang lebih cepat di iPhone 6 Plus mungkin tidak akan terasa bila layanan internet dari pusat lambat.

iPhone , , . Bookmark the permalink.

Mr. Santoni

Pemerhati Dunia Maya... Pengguna beragam Smartphone. Saat ini sedang senang berbagi tentang iPhone, iPad dan Mac. Tips2 yang kami berikan telah teruji dan berfungsi sewaktu pertama kali kami tulis