Adu kecepatan Wi-Fi iPhone 5s dan iPhone 6 Plus

Internet cepat seakan telah menjadi kebutuhan hidup yang mutlak bagi pengguna smartphone, tak terkecuali Apple. Hal ini dibuktikan dengan pengembangan teknologi Wi-Fi di produk-produk terbarunya.

wifi add
wifi add

Advertisement

Berbeda dengan iPhone 5s yang memakai teknologi Wi-Fi 802.11n, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sudah dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11ac. Apple pun mengklaim jika Wi-Fi yang tertanam di kedua varian iPhone 6 mampu membuat browser ‘melaju’ hingga tiga kali lebih cepat di dunia maya. Benarkah demikian?

Untuk membuktikan kebenaran klaim dari Apple tersebut, kru iClarified telah mengunggah sebuah video tes kecepatan Wi-Fi di laman YouTube mereka. Sebelum memulai percobaan, iClarified memastikan kedua smartphone yang kali ini akan diuji, iPhone 5s dan iPhone 6 Plus telah berada dalam kondisi yang seimbang.

Kedua smartphone tersebut diatur agar menggunakan sistem operasi iOS 8 (awal). Kru iClarified juga menggunakan jaringan stasiun Wi-Fi milik Apple, Apple AirPort Extreme, agar bisa diperoleh kecepatan yang diinginkan. Stasiun Wi-Fi ini juga sudah mendukung teknologi Wi-Fi 802.11ac milik iPhone 6 Plus, Ubergizmo (01/10).

Terbukti, setelah melalui beberapa kali percobaan, kecepatan koneksi dari iPhone 5s hanya sekitar 90-100 Mbps. Sementara iPhone 6 Plus berkali lipat lebih cepat dengan kecepatan 240-270 Mbps!

Namun, ini hanya gambaran performa Wi-Fi kedua produk Apple teranyar tersebut. Kecepatan Wi-Fi juga sangat dipengaruhi oleh jaringan akses yang diberikan oleh ISP (Internet Service Provider). Oleh sebab itu, akses internet via Wi-Fi yang lebih cepat di iPhone 6 Plus mungkin tidak akan terasa bila layanan internet dari pusat lambat.