3 Langkah Mudah untuk mengupdate ke iOS 8

 

ios8
ios8

Buat anda yang belum tahu, Apple telah merilis iOS 8 untuk pengguna umum pada tanggal 18 September waktu Indonesia . Nah, ada beberapa cara update yang dapat anda tempuh untuk dapat menikmati [iOS 8][2] di perangkat iPad, iPhone dan iPod Touch. Dari yang paling mudah hingga cara yang harus ditempuh untuk pengguna iOS 7 yang melakukan Jailbreak.

Berikut ini 3 cara berbeda yang dapat kamu tempuh untuk melakukan pembaruan iOS 8.

Advertisement

1. OTA (Over the Air) Updates

turitorial
turitorial

Cara termudah adalah OTA karena anda tidak memerlukan perangkat komputer, cukup gunakan iDevices dan koneksi WiFi yang stabil dan cukup kencang.

Langkahnya sangat mudah. Koneksikan perangkat iOS ke jaringan WiFi. Buka aplikasi Settings > General > Softwate Updates. Tunggu beberapa saat hingga menu mengunduh iOS 8 tampil. Setelah itu tekan teks Download and Instal untuk mulai mengunduh.

ukuran file yang harus diunduh cukup bervariasi. Ada yang hanya 900 MB namun ada juga yang memerlukan 1.9 GB. Selain itu ada beberapa pengguna yang diminta menyediakan memori penyimpanan kosong sebesar 5 GB. Namun ada juga yang tidak perlu karena memang masih memiliki kapasitas yang lega.

 

Sebagai catatan, pengguna iOS 7 dengan kondisi Jailbreak jangan lakukan update dengan cara OTA. Gunakan cara ketiga di artikel ini ya.

2. Update Lewat iTunes di Komputer

Bagi pengguna yang lebih percaya denga koneksi internet lewat kabel LAN di komputer misalnya, anda bisa menggunakan cara ini. Berikut ini langkahnya:

  1. Hubungkan perangkat iOS dengan komputer yang terinstal iTunes terbaru.
  2. Pilih perangkat yang ingin anda update di sidebar iTunes.
  3. Tekan tombol Check for Updates lalu akan muncul sebuah jendela baru seperti gambar di bawah.
Update Lewat iTunes di Komputer
Update Lewat iTunes di Komputer

4.Pilih download only jika anda ingin mengunduhnya dan instal di lain kesempatan. Atau bisa juga pilih Download and Update jika anda ingin langsung mendapatkan pembaruan itu ke perangkat iOS begitu selesai diunduh.

Sebagai catatan, file .ipsw yang sudah diunduh dari cara ini bisa anda akses lagi atau berikan kepada pengguna iPhone lain yang membutuhkan. Caranya buka Finder lalu cari folder User/Library/iTunes/iPhone Software Updates. Posisi yang sama dengan nama iPad atau iPod Touch juga bisa anda temukan disana untuk kedua jenis perangkat iOS tersebut.

 

3. Restore, Cara Wajib Buat penggunaJailbreak

Restore, Cara Wajib Buat Anak Jailbreak
Restore, Cara Wajib Buat Anak Jailbreak

 

Nah buat anda yang menggunakan iOS 7 dengan posisi Jailbreak, ini adalah satu-satunya cara untuk update ke iOS 8 agar tidak nyangkut ke logo Apple. Cara ini sendiri terbagi lagi dalam 2 metode. Restore dengan mengunduh IPSW secara langsung atau secara terpisah.

Cara langsung:

1.  Hubungkan perangkat iOS dengan komputer yang terinstal iTunes terbaru.
2.  Pilih perangkat yang ingin anda update di sidebar iTunes.
 3.  Tekan tombol Restore dan pilih Backup sebelum melakukannya.
 4.  Sebagai catatan, Restore akan menghapus semua data yang ada di perangkat iOS milikmu. Jadi pastikan anda sudah membuat backup dan selesai proses restore, pilih pengaturan untuk mengembalikan data dari backup yang dibuat.

Cara manual, unduh IPSW terpisah:

 1.   Hubungkan perangkat iOS dengan komputer yang terinstal iTunes terbaru.
 2.  Pilih perangkat yang ingin anda update di sidebar iTunes.
 3.   Tekan dan tahan tombol Option (di komputer Mac) atau Shift (komputer Windows)    lalu arahkan pointer untuk menekan ikon Restore.
4.   Akan muncul jendela Finder baru untuk mencari file .ipsw yang sudah anda unduh secara terpisah. Pilih file yang tepat dan proses restore akan dimulai.

Saya sendiri biasa menggunakan cara manual, unduh IPSW terpisah. Dengan cara tersebut pengguna dapat merasa lebih aman ketika melakukan proses restore karena tidak tergantung kestabilan internet.

Di bawah ini saya sudah siapkan tautan untuk mengunduh file IPSW untuk setiap jenis perangkat iOS yang mendukung iOS 8.