iMac Retina Display, Komputer dengan Resolusi Tertinggi di Dunia

Modified: October 20, 2014 at 12:53 pm

Advertisement

Pada acara Gelaran Apple Event 16 Oktober 2014 baru saja ditutup oleh Tim Cook. Dalam acara berdurasi 1 jam 30 menit tersebut ada beberapa perangkat keras yang diperkenalkan. Salah satunya adalah iMac Retina Display. Belum banyak yang tahu jika iMac merupakan komputer dengan dispay dengan resolusi biasa besar yaitu 5K (5120 x 2880) dengan total 14.7 juta pixels, wow, bisa kebayang kan gimana kualitas gambar yang akan kita lihat nantinya.

Apple-iMac-Retina-Display-2

Lalu berapa harga yang harus dikeluarkan untuk sepaket iMac? Phil Schiller menjelaskan iMac Retina sebagai produk tertinggi iMac saat ini dibanderol seharga $ 2499 – sekitar 30 juta Rupiah. Hal tersebut jelas ‘sangat murah’ jika dibandingkan monitor teknologi 4K dari vendor lain yang dijual mulai

Advertisement
dengan harga $ 3000 (ingat, itu baru monitor saja, iMac sudah memiliki perangkat komputasi lengkap)

Phil juga menjelaskan teknologi layar yang digunakan pada iMac Retina. Dengan bahan Oxide TFT (Thin Film Transistor) untuk mentransfer energi pada setiap piksel di layarnya, iMac Retina diklaim lebih hemat listrik 30%. Terlihat kecil memang angkanya, namun anda harus ingat bahwa resolusi yang digunakan adalah 5k – 4 kali resolusi iMac generasi sebelumnya.

Usaha Apple di era Steve Jobs untuk menciptakan teknologi Retina Display sudah terbukti sukses. Dimulai dari perangkat iPhone 4, berlanjut ke iPad generasi ketiga. Kemudian merambah ke perangkat Macbook Pro dan hari ini, tibalah ke perangkat iMac. Berarti tinggal Macbook Air saja yang belum mengusung teknologi Retina Display.

Khabar, Mac . Bookmark the permalink.

Mr. Santoni

Pemerhati Dunia Maya... Pengguna beragam Smartphone. Saat ini sedang senang berbagi tentang iPhone, iPad dan Mac. Tips2 yang kami berikan telah teruji dan berfungsi sewaktu pertama kali kami tulis