Cara Mengetahui Cycle Count Baterai iPhone, iPad dan iPod Touch

Advertisement

Halo sahabat iPanduan, bagaimana kabar anda semuanya? pasti pada baik amin. Ada yang berencana untuk membeli perangkat iOS baik iPhone, iPad ataupun iPod Touch hari ini? Jika anda ingin membeli perangkat iOS baru tidak terlalu banyak yang perlu anda cek (meski juga perlu hati – hati dengan garansi) dan teliti sedetail mungkin meski itu barang baru. Nah yang baru kita mesti teliti apalagi jika ingin membeli perangkat iOS yang second hand alias bekas (bekas pakai ya, jangan yang bekas jatuh dari lantai 6 šŸ˜€ ya hehehe…).

iBackupbot, Download, iOS, iPad, iPhone, iPod Touch, iTunes
Aplikasi iBackupbot

Jika anda ingin membeli perangakt iOS second, salah satu hal yang perlu anda cek adalah kondisi batterai. Masih sehatkah batterai calon perangkat iOS yang akan anda beli?. Tahukah anda sebenarnya kita dapat mengetahui layak tidaknya (baca : kesehatan) batterai dari banyaknya Cycle Count. Cycle Count merupakan jumlah total persentase tiap – tiap kali batterai dicharge. Contohnya Persentase

Advertisement
batterai di charge adalah 100%, jika batterai perangkat iOS anda 20% kemudian anda charge hingga 100% berarti anda meng-charge sebanyak 80%. Dan selanjutnya saat batterai baru 50% anda charge lagi hingga 100%, berarti anda baru saja melakakukan pengisian (charge) batterai sebanyak 50%. Maka Cycle Countnya adalah 80% + 50%= 130% = 1.3 Cycle.

BerikutĀ Cara Mengetahui Cycle Count Baterai iPhone, iPad dan iPod Touch :

  1. Download iBackupbot
  2. Setelah proses download langsung saja anda install di PC / Mac anda.
  3. Selanjutnya sambungkan iPhone, iPad atau iPod Touch anda ke Mac atau Pc.
  4. Buka aplikasi iBackubot, klik nama perangkat anda yang ada disebelah kiri sidebar, anda akan menemukan informasi tentang perangkat anda.
  5. Pilih “More INFORMATION“, akan tampil sebuah jendela baru yang menampilkan jumlah Cycle count baterai anda, seperti gambar dibawah ini.

2

Bagaimana pren? berguna nggak ya kira – kira tulisan kali ini?

  • Septianta

    Cycle count yg sehat di kisaran brp mas?

  • pram

    cycle count saya 950, tapi batre masih usable, 2-3x charge tiap hari, apa seharusnya sudah diganti? thanks

    • kalau sudah terlihat boros ya ganti saja mas.. tapi kalau masih nyaman charge beberapa kali ya pakai saja apa adanya

  • Zaph

    Artinya semakin banyak cycle count, itu baterai kondisi nya sudah umur / second. Kalau masih blm ada / sedikit berarti kondisi baterai baru / masih bagus.

  • fajar

    ini cycle countnya masih 24 , tapi ngecasnya gak nambah2 external charge cpablnya false