Membersihkan RAM iPhone, iPad atau iPod dengan Cydia “cleaner”

Tahukah anda, dengan seringnya anda menggunakan dan membuka aplikasi yang ada di perangkat iOS anda baik iPhone, iPod ataupun iPad akan menyebabkan penggunaan memory atau RAM perangkat anda tersebut akan meningkat. Bukan kapasitas RAM yang meningkat melainkan space kosong akan menjadi berkurang sehingga performa perangkat anda menjadi menurun, lambat atau bahkan bisa hang.

Cydia, Jailbreak, Cleaner, Aplikasi iOs
Cydia Cleaner

Bagi pengguna yang melakukan jailbreak terhadap perangkat mereka hal seperti diatas sangat sering terjadi, sebab aplikasi atau tweaks yang anda download dari Cydia, terkadang tidak mengikuti pedoman standar penggunaan ram dan cpu yang sudah ditentukan oleh Apple. Dan seperti yang penulis ceritakan diatas efek dari penggunaan memory atau ram yang terlalu besar, akan membuat perangkat iOS anda akan menjadi lambat, hang, atau bahkan sering terjadi force close (tertutup dengan sendirinya).

Lantas bagaimana solusinya?. Jawabannya adalah dengan logika sederhana yaitu dengan membersihkan RAM dari log – log program sehingga memberikan ruang lebih bagi RAM. Banyak aplikasi yang tersedia secara gratis untuk hal ini, tetapi penulis menyarankan anda untuk menggunakan aplikasi Cleaner dari Cydia.

Berikut cara membersihkan memory (RAM) di iPhone, iPad, iPod Dengan Cleaner :

  1. Buka Cydia, tap Search kemudian ketik “Cleaner”.
  2. Download dan install aplikasi Cydia “Cleaner”.
  3. Buka aplikasi Cydia “Cleaner”.
  4. Di layar perangkat iOS anda, anda akan melihat penggunaan memory yang sedang berjalan. Dan perhatikan disana terdapat 2 tombol yaitu “Quick clean” dan “Deep Clean”.

Quick Clean : Jika penggunaan memeory di iDevice anda tidak besar, sebaiknya pilih opsi ini.

Deep Clean : Pilihan ini digunakan jika penggunaan memory sangat besar dan hampir mengabiskan memery anda.

Untuk pengaturan aplikasi ini, anda bisa menggeser layar ke kenan, quick clean dan auto deep clean, sehingga pada saat anda membuka aplikasi cleaner, otomatis akan melakukan tugas yang telah anda atur sebelumnya. Dan saran penulis sebelum anda membersihkan memory di iPhone, iPod atau iPad anda sebaiknya tutup semua aplikasi yang berjalan di background.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *