Cara dan Panduan Jailbreak iOS

Advertisement

Cara dan Panduan Jailbreak iOS (iPhone, iPad, iPad Mini, iPod Touch, AppleTV); kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu Jailbreak, dan apa itu Tethered Jailbreak, apa itu Un Tethered Jailbreak dan metode2 apa saja serta tools apa saja yang dibutuhkan dalam metode Jailbreak ini.

Mengenai Lebih detail Cara & Panduan Jailbreak akan kami bahas dalam tulisan terpisah. Kami disini akan memberikan informasi terlebih dahulu gambaran Jailbreak

Mengenal Apa itu Jailbreak?

Jailbreak adakan membuka pintu terlarang dari iOS, seperti kita ketahui bersama iOS merupakan Sistem Operasi yang lumayan ketat, pengembang pihak ketiga tidak diberikan hak akses untuk akses sistem yang lebih dalam. Contoh Sederhananya. Aplikasi Phone, SMS, Email itu sudah dari sananya make fitur bawaan iOS. Developer tidak bisa mengembangkan aplikasi untuk Replace Aplikasi bawaan itu. Berbeda dengan Android.

Nah dengan Jailbreak, maka akses2 ke hal yang demikian itu bisa dilakukan. Selain itu dengan adanya Jailbreak tadi, pengguna akan mendapatkan Store tambahan yang dikenal dengan Cydia. Banyak aplikasi2 di Cydia yang meningkatkan performa dari iOS termasuk mengganti Theme, Mengganti Tampilan, Mengganti Efek dan lain sebagainya. Atau contohnya mengganti aplikasi Message dengan BiteSMS yang jauh lebih powerful.

Advertisement

Mengenal Apa itu Untethered Jailbreak?

Penjelasannya secara gampang adalah Jailbreak Total. Jadi ketika iOS Device kita sudah di Jailbreak, dan kita reboot maka iOS Device kita tetap dalam kondisi Jailbreak. Dan bisa dipake seperti biasa lagi. Metode ini adalah metode yang paling banyak dicari dan diinginkan pengguna iPhone, iPad, iPad Mini, iPod Touch karena pengguna dimudahkan dan tidak ribet karena  tidak perlu mengkoneksikannya dengan PC/Mac anda dan mengulangi proses Jailbreak lagi. Lawan dari Untethered adalah Tethered.

Apakah Jailbreak legal?

Jailbreak dan Unlocking pada Apple tidak dilarang. Hanya saja dari awal, Apple memiliki aturan ketat yang melarang penggunanya untuk menginstal aplikasi buatan pihak luar yang tidak disetujui Apple.

Namun pada tahun 2010 Apple harus mengumumkan bahwa Jailbreak dan Unlocking terhadap iPhone diperbolehkan sepenuhnya selama tidak melanggar hak cipta. Dan anda tidak akan kehilangan garansi.

Versi berapa iOS yang bisa di Jailbreak?

Seperti kami jelaskan sebelumnya, ada dua Metode Jailbreak. Yang pertama Tethered Jailbreak dan yang kedua Untethered Jailbreak.  Untuk yang metode Tethered Jailbreak versi iOS terakhir adalah iOS 6.1.3 menggunakan Tools dari Sn0wbreeze 2.9.14. Sedangkan untuk Untethered yang didukung baru sampai iOS 6.1.2. Kami akan membahas Cara dan Panduan Jailbreak dalam tulisan terpisah

Perangkat dan Software yang dibutuhkan?

Perangkat yang dibutuhkan adalah PC atau Mac dengan Sistem Operasi Windows atau OS X. Dan software yang dibutuhkan nantinya akan menyesuaikan dengan seri iOS Devicenya

Apakah Jailbreak menjadi LEGAL Install Aplikasi Berbayar?

Kami tekankan, Jailbreak bukanlah bertujuan untuk Install Aplikasi LEGAL dengan cara ILEGAL. Jailbreak adalah metode untuk memaksimalkan penggunaan iOS Device (iPhone, iPad, iPad Mini, iPod Touch). Karena di Cydia Store pun banyak sekali Aplikasi hebat yang berbayar. Jadi tekankan sekali lagi bahwa Jailbreak itu DO SOMETHING BETTER bukan untuk Install Aplikasi LEGAL dengan cara ILLEGAL.