Cara Mengecek Kualitas Baterai Macbook

Advertisement

Sudah tahu belum jika batterai Macbook yang baru dapat bertahan sampai 10 jam lho!!!. Lantas bagaimana dengan batterai yang sudah lama dipakai?. Pastinya seiring dengan perjalanan waktu, layaknya kita – manusia, sistem yang ada juga semakin tua dan kualitas dan ketahanan baterai pun semakin menurun. Sebenarnya kita dapat mengecek usia baterai Macbook dari jumlah Cycle Count. Cycle Count merupakan hitungan untuk 100% baterai yang dicharge. Jadi misalnya saat power tinggal 40% lalu dicharge sampai 100%, kemudian digunakan sampai 50% dan dicharge lagi sampai 100% maka persentarse power yang dicharge adalah 60% + 50% = 110%. Ini dihitung 1.1 Cycle.

Macbook, Cycle Count, Tips Mac
Cara Mengecek Kualitas Batterai Macbook

Beberapa referensi menyebutkan umur optimal baterai Macbook adalah 300 cycle. Namun dari dari beberapa pengalaman pengguna Macbook, meski cycle sudah mencapai 500++ ternyata batterai Macbook mereka masih memiliki kemampuan yang terbilang cukup mumpuni.

Advertisement

Untuk meilhat jumlah Cycle Count di Macbook anda dapat melakukannya melalui cara-cara berikut :

  • Buka Finder / Applications / Utilities, lalu cari System Information (sebelumnya bernama System Profiler) .
  • Pilih Power pada sidebar sebelah kiri, maka informasi tentang Baterai Macbook akan disajikan di sisi kanan. Cycle Count tersedia di bawah Health Information.

Sangat mudah kan?

Mac, Tips Dan Trik. Bookmark the permalink.

Mr. Santoni

Pemerhati Dunia Maya... Pengguna beragam Smartphone. Saat ini sedang senang berbagi tentang iPhone, iPad dan Mac. Tips2 yang kami berikan telah teruji dan berfungsi sewaktu pertama kali kami tulis