Inilah alasan RAM 1GB di iPhone 6 Lebih Cepat daripada RAM 3GB di Android

Seperti yang telah kita ketahui, bahwasanya Apple tetap saja bertahan dengan RAM 1GB di iPhone 6 ataupun iPhone 6 Plus. Padahal kita juga semua telah membaca, saat ini banyak smartphone dengan plaform lain, sebut saja android yang hadir dengan RAM tinggi bahkan 3 kali dari RAM yang digunakan iPhone. Apakah Apple tidak khawatir akan ditinggalkan para penggemarnya?. Namun rupanya Apple memiliki alasan sendiri mengapa tetap bertahan dengan RAM 1GB.

iPhone 6
iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Mengutip pernyataan Glyn Williams dalam forum tanya jawab, dijelaskan olehnya jika perangkat iOS disebutkan memiliki performa lebih cepat daripada perangkat Android meski iPhone hanya memiliki RAM 1GB sedangkan android lebih dari 1GB, 2 atau bahkan 3 GB. Hal ini karena aplikasi perangkat

Advertisement
iOS tidak menggunakan Java seperti halnya android.

Lebih lanjut masih dalam penjelasan Glyn, Android disebutkan membutuhkan ruang memori ekstra besar untuk memproses Garbage Collection, yaitu sebuah proses penggunaan kembali memori setelah aplikasi android menggunakannya. Proses ini akan berjalan dengan baik di sistem memori dengan ruang yang lega, namun ketika banyak aplikasi berjalan di latar, performanya akan menurun drastis.

Walaupun banyak orang awalnya merasa ragu akan kemampuan performa iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang hanya memiliki RAM 1GB, performa RAM 1GB yang ada dalam duo iPhone 6 terbukti lebih cepat ketimbang smartphone android yang sudah mulai mengadopsi RAM hingga 3 GB sekalipun.

Butuh bukti?