Sudah tahu belum alasan Apple mengapa Layar iPhone 6 Lebih ciamik daripada iPhone 5s

Jika kita ditanya mengapa kualitas layar iPhone 6 lebih bagus daripada iPhone 5s, maka jawaban yang sudah pasti dengan wajah tanpa bersalah akan mengatakan “ya pasti lah, wong harganya lebih mahal” :D. Sepintas memang tidak ada yang salah, tapi marilah kita simak dari sisi keilmuan dan teknologi, mengapa sih atau apa sing sebenarnya yang membuat layar iPhone 6 lebih apik ketimbang iPhone 5s. Seorang neuroscientist retina bernama Bryan Jones baru-baru ini melakukan pemeriksaan terhadap layar iPhone 6 di bawah mikroskop untuk mencari tahu alasan mengapa layar iPhone 6 terlihat sangat bagus.

iPhone6-vs-iPhone5s
Perbandingan kualitas layar iPhone 5s dan iPhone 6

Seperti dilansir dari iMore, Bryan Jones mengatakan bahwa iPhone 6 memiliki jarak lapisan gelas dan layarnya begitu berdekatan. Kedekatan itu lebih lanjut diutarakannya menghasilkan pengalaman visual lebih baik dimana warna menjadi lebih terang, warna hitam lebih pekat, dan kontras yang lebih baik.

Advertisement

Masih dalam pemeriksaannya, Bryan Jones mengungkapkan bahwa iPhone 6 memiliki filter polarisasi di bawah layarnya. Karena lapisan gelas miliknya sangat tipis, pengguna tak memerlukan penyesuaian jarak fokus untuk melihat piksel di dalam layarnya.

Apple ternyata telah merubah susunan geometri subpikselnya di layar iPhone 6 berjenis Dual Domain (DD-IPS) yang mana satu kolom pikselnya miring ke bawah dan piksel yang lainnya ke atas. Hal ini tidak saja membantu menyeimbangkan pencahayaan yang tidak merata dan distorsi warna, tapi juga memberikan sudut pandang yang lebih baik dengan kontrasi rasio 1400:1 di iPhone 6. Bandingkan dengan iPhone 5s yang memiliki kontras rasio 800:1.

Nah sudah tahu kan alasan yang benar menurut penelitian dan keilmuan.