Cara Nonaktifkan/Aktikan Spootlight Indexing OS X

Kali ini kami akan mencoba berbagi Cara Nonaktifkan/Aktikan Spootlight Indexing/pengindeksan  OS X. Maksud dan tujuannya sederhana, seperti kita ketahui, sejak OS X Lion atau 10.6, Apple Inc pada aplikasi Spotlight sering sekali melakukan pengarsipan ulang file2 yang ada di Sistemnya, baik itu di HDD, di Flashdisk dan media2 lain.

Kalau pengarsipan/pengindeksan itu terjadi saat komputer idle atau tidak digunakan tentunya tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika Spotlight Indexing atau melakukan pengarsipan ini ketika sedang bekerja.

Advertisement

Masalahnya adalah proses indexing/pengindeksan ini membuat performa menjadi lambat dan sangat tidak nyaman untuk digunakan. Menyedihkan emang, di OS X 10.8 (Mountain Lion) fitur ini juga belum ada solusi cerdasnya.

Kami mencoba menawarkan cara lebih mudah, yaitu dengan men Nonaktifkan/Disabled sementara proses indexing  OS X ini. Kalau nanti sudah banyak data lagi agar pencarian bisa relevant dan sesuai harapan bisa di Enabled atau di Aktifkan lagi.

Caranya cukup mudah, masuk ke Aplikasi Terminal, kemudian masukkan  perintah ini

sudo mdutil -a -i off

NB: Anda akan ditanyakan untuk masukkan password.

Kalau nantinya berkeinginan untuk aktifkan lagi proses indexing gunakan perintah ini

sudo mdutil -a -i on

NB: Anda akan ditanyakan untuk masukkan password.

Dan Selesai, silahkan dicoba, semoga tips ini berguna dan kalau ada kendala mari kita diskusikan