Panduan dan Tips Membeli MacBook Baru dan Seken

Advertisement

Kali ini kami akan berbagi Panduan dan Tips Beli Seri MacBook Air, MacBook Pro, MacBook Pro Retina. Baik beli baru maupun beli seken/second.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui calon pembeli MacBook ketika memutuskan membeli, mau ambil MacBook Air (MBA), MacBook Pro (MBP) atau MacBook Pro Retina (MBR).

Setelah memutuskan membeli tipe yang mana, hal lain yang perlu adalah membeli secara Online atau Offline. Kalau Offline beli dimana dan kalau Online beli dimana.

Advertisement

Yang tak kalah penting ketika membeli Baru, pastikan Garansi Resmi dan sebisa mungkin beli di Dealer Resmi ataupun kalaupun tidak beli di Orang yang sudah dikenal yang mana bagaimana kalau nanti ada apa-apa bisa ngurus dengan mudah.

Di Indonesia, beli macbook di ibox bisa menjadi layanan bagus. Masalahnya nggak semua kota ada ibox. Di Yogyakarta misalnya untuk Beli Offline Resmi kita bisa beli di Harrisma atau di Lantai Atas dekat Pintu Masuk Bioskop di Amplaz. Nama tokonya Emax. Di Yogyakarta sepengetahuan kami ada beberapa Toko Mac Resmi yaitu

  • Harissma
  • Emax
  • iStore
  • The Geek

Atau bisa juga ke rekan, salah satunya Rekan dan Sahabat KENTAL saya @TaufanPR mas Owner @JogjaGadget.

Perbandingan MacBook 2015
Perbandingan MacBook 2015

Kembali ke Pilihan, yang kami akan coba uraikan sedikit demi sedkit.

Tips Untuk Membeli Baru MacBook

MacBook Air

Jika kalian sangat MOBILE dan butuh akses file2 Desktop dengan berat yang super ringan dan nyaman di tenteng kemana2 pilihan baik hanyalah MacBook Air. Baik yang 11″ atau 13″ ini masalah kenyamanan saja.

Dengan Bodi Tipis dan Performa Baterai yang sitimewa membuat MacBook Air ini pilihan nyaman buat Kerja ringan (Docs, Sheets, Browser, Email, Twitteran).

Di Indonesia harga MacBook Air kisaran 10 juta – 15juta.

MacBook Pro

Untuk MacBook Pro ini mempunyai berat yang cukup dan dengan performa yang lebih istimewa dan juga pilihan termasuk KUSTOM ukuran HDD, RAM. Pilihan ukuran Layar yang hingga 15″ ini membuat MacBook Pro ini cocok buat PROHEMER, CODER, VIDEOER, EDITOR FOTO dan kerjaan yang butuh BEBAN2 lebih.

Untuk Spek tertingginya dilengkapi denga Discreet GPU yang mana akan memberikan Performa lebih sitimewa.

Di Indonesia MacBook Pro kisaran harga 12 juta – 30juta.

MacBook Pro Retina

Kurang lebih sama dengan MacBook Pro tapi dengan tambahan Layar yang super jelas dan details, membuat mata terpana dan aduhai dibuatnya.

Orang yang suka hal2 details terutama editor foto dan video akan menikmati MacBook Pro Retina sebagai pilihan jitu

Di Indonesia MacBook Pro Retina kisaran harga 14 juta – 30juta.

Itu diatas adalah produk2 baru yang ada sekarang, bagaimanapun MacBook ini tetap pilihan untuk kerja secara Mobile terbaik yang ada saat ini.

Tips Untuk Membeli Seken/Second MacBook

Membeli MacBook, baikitu MacBook Pro, MacBook Pro Retina maupun MacBook Air yang perlu di cek ketika membeli seken adalah Riwayat.

Riwayat dari MacBook tersebut, bekas dipakai siapa dan sudah berapa lama dan apakah Garansi nya masih ada atau nggak?

Karena hal demikian penting dan berguna jika nanti terjadi sesuatu dengan MacBook kita. Selain itu, perlu di ketahui bahwa baik itu MacBook Pro, MacBook Pro Retina dan MacBook Air ini sudah keluar dalam beberapa kali. Teliti ketika membeli produk MacBook itu keluaran tahun berapa dan teliti dan kalau perlu (wajib) check berapa Baterai Cycle nya.. semakin kecil angkanya semakin bagus. Karena itu menandakan kalau baterai masih relatip baru dan belum lama dipakai.

Prosesor usahakan yang baru karena MacBook yang baru ini relatip lebih tahan lama performa baterainya karena sudah adanya optimasi dari Intel dalam hal penggunaan dayanya.

Beli Online maupun Offline?

Kalau ini masalah selera. MacBook Pro pertama yang kami beli saya beli secara Online karena Offline tidak ada (Kota Malang nggak ada Toko Mac), akhirnya saat itu Tahun 2007 saya beli lewat online saran dari Mas @AryoSanjaya.

Sedangkan MacBook Pro kedua yang saya beli (yang saya pakai sekarang dalam menulis artikel ini) membeli di Emax Yogyakarta.

Kalau kota sampéan  itu ada Toko Resmi Apple baik Reseller ataupun Distributor. Silahkan liat saja langsung dan beli. Check dulu kalau beli baru. Siapa tau di Toko tersebut yang dijual adalah MacBook tipe lama. Jangan sampai salah mengenai hal ini.

Semoga Bermanfaat.