Apple Siapkan Kabel DisplayPort Layar 8K Untuk iMac

Modified: February 21, 2015 at 7:21 am

Advertisement

Jika kita bicara tentang display dengan resolusi 5K, maka kita akan teringat dengan Apple atau Mac. Karena Apple merupakan pelopor display¬† dengan resolusi 5K untuk iMac Retina 27″. Seakan tidak ingin terpaku dengan display dengan resolusi 5K, sepertinya Apple mulai menggarap display dengan resolusi 8K wow!. Namun tidak sekarang atau tahun ini, Apple baru sebatas mempersiapkan semuanya untuk tahun depan – tahun 2016.

iMac Retina, Apple, DisplayPort 14.a, Resolusi 8K
iMac Retina 8K

Berita ini didasarkan pada sebuah informasi dimana VESA (Video Electronics Standards Association) menggumumkan standar baru teknologi kabel DisplayPort 1.4a. Standar kabel baru tersebut menggunakan standar kompresi untuk mendukung layar dengan resolusi 8K, dimana resolusi 8K ini memiliki tingkat

Advertisement
kedalaman warna lebih tinggi dan juga tingkat refresh rate lebih cepat daripada display 5K.

Dan juga kelebihan lain dari standar baru DisplayPort 1.4a ini adalah memungkinkannya produsen untuk menyalurkan data 4 kali lebih banyak untuk mendukung layar 8K, layar dapat dibuat lebih tipis, dan juga untuk komputer portable (laptop) akan menambah daya tahan baterai sehingga batterai dapat bertahan lebih lama.

Dan sangat memungkinkan jika ditahun depan Apple akan mengembangkan iMac Retina dengan resolusi 8K. Dan tentunya harga iMac Retina 8K akan lebih mahal dari pada iMac Retina 5K.