Apple Turunkan Kadar Emas di Watch Gold Edition Menjadi 9 Karat, Mengapa?

Hingga kini pecinta gadget Apple masih menunggu dengan sabar saat – saat untuk menggunakan Apple Watch. Dan seperti kita ketahui bersama Apple mematenkan salah satu varian dari Apple Watch, yakni Apple Watch varian warna gold yang benar – benar berbahan emas, bukan hanya polesan warna keemasan saja.

Apple Watch, Gold Editions, Emas Emas
Apple Watch – Gold Editions

Dan rencana awal Apple akan mengguna emas dengan kadar 18 karat untuk varian tersebut. Namun Apple kini telah menurukan kadar emasnya menjadi 9 karat dan untuk itu Apple harus mematenkan ulang. Lantas pertanyaannya adalah mengapa Apple

Advertisement
menurunkan kadar emasnya?

Dalam blog Leancrew, Dr. Drang mengungkapkan hal tersebut. Dan lebih lanjut Dr, Drang menjelaskan karat merupakan  persentase perbandingan dalam campuran antara emas dengan bahan lain dalam sebuah logam. Contoh emas 18 karat terdiri atas campuran 75% atom emas dan 25% atom logam lain, tentunya dalam takaran gram. Disinilah Apple menunjukkan caranya yang cerdik,  jika Apple mengisi 25% dengan logam yang mampu mengisi volume lebih besar maka Apple secara efektif akan bisa ‘merenggangkan’ atom emas 75% sehingga konten emas akan lebih terlihat.

Dengan cara demikian Apple dapat menghemat penggunaan emas dalam Apple Watch. Namun dengan diturunkannya kadar emas hingga 9 karat, berapa kiranya harga Apple Watch varian gold ini yah…siapa tahu kebeli nantinya :).