Apple Siapkan Search Engine untuk Gantikan Google Search?

Advertisement

Masih ingat nggak beberapa tahun yang lalu ketika Apple merilis iOS 6? Saat itu Apple tidak hanya mengumumkan iOS 6 sebagai iOS terbaru kala itu namun sekaligus Apple mengumumkan sebuah layanan peta – Maps baru yang di siapkan untuk menggantikan aplikasi yang sama milik Google yakni Google Maps.

Apple, Search Engine, Mesin Pencari, Google SEarch
Apple Search Engine

Meski kemudian aplikasi tersebut urung karena ternyata pihak Apple sendiri belum sepenuhnya siap untuk menggantikan keberadaan aplikasi milik Google dengan miliknya sendiri.

Advertisement

Nah kali ini seiring dengan waktu Apple lagi – lagi ingin menggeser dominasi Aplikasi Google di perangkat miliknya. Kali ini dikabarkan Apple sedang mempersiapkan untuk mengganti fitur pencarian yang selama ini masih menggunakan Google Search sebagai mesin pencari atau Search Engine utama.

Berita ini bukan tanpa alasan. Ini didasarkan pada sebuah halaman atau website Apple yang baru yang mendukung Applebot, Web crawler pertama Apple. Crawler tak lain adalah sebuah bot yang mampu melakukan pemindaian secara otomatis pada seluruh Web untuk mencari halaman serta informasi yang nantinya ditambahkan ke index dan menghadirkan deretan informasi ketika halaman-halaman web.

Ini merupakan perangkat lunak yang digunakan oleh mesin pencari seperti Google dan Bing. Nah kehadiran bot ini sangat memungkinkan bagi Apple jika mereka tengah bersiap untuk menggeser keberadaan Google Search di setiap perangkat miliknya.