Akurasi Sensor Detak Jantung Apple Watch Mencapai 99%

Advertisement

Selalu tertunda harus menghadirkan sesuatu yang berbeda. Itulah yang terjadi dengan Apple Watch. Beberapa kali mengalami penundaan jam tangan pintar Apple ini memiliki sesuatu yang berbeda. Mulai dari desain hingga fitur – fitur yang ada didalamnya. Dan salah satu fitur yang umum terdapat pada smartwatch atau jam tangan pintar adalah sensor detak jantung. Lantas apa yang berbeda dari Apple Watch toh semua smartwatch memiliki fitur ini.

Apple Watch, Hearth detector, Deteksi jantung
Akurasi detektor jantung Apple Watch

Hmmm jangan samakan dulu dengan Apple Watch dengan smartwatch lain karena Apple watch memiliki tingkat akurasi yang sempurna, yah 99% mendekati angka 100% bukan?.

Advertisement

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brad Larson, seorang teknisi perangkat lunak SonoPlot mencoba untuk mengambil data mentah hasil deteksi Apple Watch. Kemudian data tersebut dibandingkan dengan hasil detektor jantung Mio Alpha, yang telah dikenal lebih dulu sebagai alat detektor jantung yang diletakkan di pergelangan tangan dengan tingkat akurasi 99%.

Dan selanjutnya kedua hasil alat detektor tersebut dibandingkan dengan alat detektor jantung yang diletakkan atau ditempelkan didada. Dari data hasil perbandingan menunjukkan hasil yang sungguh diluar dugaan. Data Apple Watch menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi hingga 99%.

Bagaimana? masih meragukan kemampuan Apple Watch?