Akhirnya, iPhone 6S Resmi Meluncur pada Tanggal 25 September 2015

Advertisement
iPhone 6S
iPhone 6S

Saat-saat yang sudah di nanti akhirnya sudah datang, Apple Resmi Umumkan iPhone 6S, versi Update dari iPhone 6 ini dilengkapi dengan beberapa fitur baru, fituritu yang mereka utamakan ketika kenalkan perangkat baru ini, yaitu 3D touch, sebuah tekhnologi anyar dimana layar display iPhone lebih sensitif untuk tingkat tekanan sentuhan jadi pemakai.

Advertisement

Dengan fitur ini, interaksi pengguna bakal lebih beragam karena beda tingkat tekanan bakal mampu menghadirkan sejumlah fungsi mulai dari mengeluarkan menu serta mengaktifkan shortcut.

Fitur 3D Touch menghadirkan 2 cara baru untuk berinteraksi dengan iPhone, yaitu ‘peek’ & ‘pop.’ Peek memungkinkan pengguna untuk menekan ikon aplikasi atau tombol lain untuk memunculkan sejumlah shortcut yang nantinya bisa langsung dipakai untuk mengakses fitur di dalam aplikasi tersebut.

Misalnya: ketika pengguna menggunakan peek untuk aplikasi kamera, maka pengguna bisa memakainya untuk langsung ke mode selfie, sementara pemakaian di aplikasi Facebook bakal memungkinkan pengguna untuk langsung mengupdate status, memotret, check in atau melakukan pencarian. Untuk pop, fitur ini memudahkan pengguna menampilkan deretan foto dan video tanpa harus membuka satu halaman penuh dari tampilan file-file tersebut. Setelah melihat apa yang tersimpan, pengguna bisa kembali ke aplikasi sebelumnya tanpa repot untuk membukanya lagi.

Ukuran iPhone 6s masih akan tetap sama dengan iPhone 6, yaitu 4,7 inci. Bedanya, Apple kini bakal memperkenalkan sebuah warna baru yang mereka sebut sebagai rose gold. Varian warna inilah yang sempat menimbulkan rumor bahwa Apple bakal merilis iPhone warna pink, mengingat warna rose gold bakal terlihat seperti pink ketika dilihat dari sudut pandang tertentu.

Untuk bodinya, Apple mengklaim kalau mereka menggunakan sebuah alumunium jenis baru yang mereka rancang secara custom. Tak cuma itu, Apple juga melindungi layar display dengan lapisan kaca baru yaitu Ion-X, mirip seperti yang digunakan di Apple Watch Sport.

Apple juga tak lupa untuk memperkenalkan prosesor 64-bit baru untuk iPhone 6s, yaitu A9. Tidak ada keterangan teknis mendetil tentang prosesor generasi baru ini, dan Apple hanya sebatas menjelaskan kalau A9 bakal 70% lebih cepat dalam memproses perintah untuk CPU serta 90% lebih cepat untuk memproses kebutuhan grafis pengguna (jika dibandingkan dengan A8 tentunya).

Fitur yang paling ditunggu-tunggu tampaknya adalah kamera baru untuk bagian depan dan belakang; kamera belakang kini diupgrade menjadi 12MP, sementara bagian depan menjadi 5MP. Upgrade ini jelas disambut gembira oleh para penggemar, mengingat Apple setia memakai sensor 8MP selama 4 tahun terakhir. Keputusan Apple untuk mengupgrade kamera tak lepas dari keberhasilan untuk memadukan sensor yang lebih besar tanpa menghadirkan masalah noise di foto. Apple juga tak lupa untuk mengklaim peningkatan waktu autofocus serta kemampuan merekam video 4K.

Untuk kamera FaceTime, selain peningkatan sensor menjadi 5MP Apple juga sukses mengembangkan sebuah solusi baru untuk membuat foto lebih cerah tanpa harus menambahkan flash.
Hmmm Apple ubah display ini jadi sangat terang dapat dikatakan 3x lebih terang dari normal, agar foto jadi cerah dan pemakai dapat mengatur agar fitur itu disesuaikan dengan pencahaayaan tempat saat memfotonya.

Apple Inc., iPhone . Bookmark the permalink.

Mr. Santoni

Pemerhati Dunia Maya... Pengguna beragam Smartphone. Saat ini sedang senang berbagi tentang iPhone, iPad dan Mac. Tips2 yang kami berikan telah teruji dan berfungsi sewaktu pertama kali kami tulis