(Rumor) Apple Bekerja Sama dengan TSMC untuk CIptakan Chipset A10 Untuk iPhone 7 Nanti

Advertisement
 processor
processor

Perangkat iPhone 6S dan iPhone 6s plus, serta iPad Pro dengan layar 12,9-inci mungkin telah meluncur namun untuk fans sejati dari gadget, hal itu bukan berarti untuk diam dan terseyum saja.

Advertisement
Sebagian besar dari mereka tentu akan menikmati perangkat baru mereka, tapi juga memikirkan, apa yang nantinya akan terjadi dan diberikan pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, yang pastinya akan dirilis tahun depan di bulan yang sama.

Ada satu rumor yang mendukung pernyataan ini, yang datang dari ranah Tiongkok. Commercial Times, sebuah media dari negeri tirai bambu, mengabarkan bahwa produsen chipset TSMC akan menjadi rekan eksklusif bagi Apple untuk menciptakan chipset mobile berikutnya, Apple A10. Menurut rumor, ini adalah chip berbasis 64-bit dengan proses pembuatan FinFET 16 nm, sementara Wafer-Level Packaging-nya juga akan diintegrasikan dengan teknologi milik TSMC yaitu Integrated Fan-Out (InFO).

Di bulan Maret lalu, TSCM dikabarkan akan melayani pembuatan sekitar 70% dari chipset Apple A9, namun menurut informasi lainnya, TSMC dan Samsung berbagi produksi,dan masing-masing mengerjakan separuh bagian dari pesanan Apple.

Menariknya, beberapa bulan lalu, TSMC dikabarkan telah melakukan uji coba untuk chip 10 nm. Sebuah kemajuan besar yang akan membuatnya jauh di depan Samsung dalam perlombaan untuk mendapatkan pesanan Apple A10. Belum diketahui secara pasti apakah tes TSMC ini sudah menghasilkan atau belum, namun bila benar, pastinya akan beredar spekulasi mengenai chipset Apple A10 dengan teknologi 10 nm.
Tapi Tentunya kabar itu masih dalam kategori rumor, dengan waktu yang panjang banyak sekali kemungkinan perubahan yang akan terjadi dalam rencana Apple itu.