Aplikasi-Aplikasi Pupuler Asal Tiongkok di App Store iOS terinfeksi Malware

Malware
Malware

Hmm anda dapat mengatakan bahwa iOS adalah Salu satu Operasi sistem teraman di smartphone namun sebuah penemuan baru sebutkan bahwa Operasi sistem dari Apple ini dapat  atau masih bisa dirasuki oleh tangan-tangan usil.

Advertisement
Sebuah malware dikabarkan telah menginfeksi aplikasi-aplikasi iOS melalui berbagai versi dari Xcode. Dengan serangan ini, sekitar 39 aplikasi telah diserang, beberapa diantaranya yang populer adalah aplikasi berbagi pesan yang sangat populer di Tiongkok, WeChat, serta Didi Chuxing, sebuah aplikasi yang mirik Uber di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Serangan virus-virus terdahulu pada iOS diletakkan oleh para developernya sendiri di dalam aplikasi yang kemudian ditaruh ke App Store untuk menciptakan kekacauan. Namun untuk malware ini disusupkan ke dalam aplikasi tanpa diketahui siapa pun, termasuk sang developer aplikasi. Malware ini disebut sebagai Xcode Ghost karena sifatnya yang misterius dan tidak diketahui oleh siapa pun.

Berdasarkan sebuah laporan dari Palo Alto Networks, XcodeGhost ini bisa digunakan oleh para hacker untuk melakukan phising dari jarak jauh, atau mengambil keuntungan dari sisi kelemahan aplikasi dan sistem lokal.
Nampaknya juga beberapa aplikasi sudah terduga terinfeksi oleh Xcodeghost ini antara lain RailWay 12306, sebuah aplikasi dari Tiongkok resmi yang funsinya untuk jual-beli tiket kereta api, platform sstock Tonghuashun dan juga China Unicom Mobile nampaknya serangan itu di sengajah di fokuskan pada Tiongkok aja, semoga aja ya hal tersebut tidak merugikan, dan Tidak dialami Penmakai iOS di Negara kita ini Indonesia.