Benarkah iOS 9 Mudah Dibobol, Contact & Fotonya tanpa PIN?

iPhone iOS 9
iPhone iOS 9

Nampaknya setelah bawa bermacam bug, bahkan sebabkan Crash di beberapa model iPhone, Jika hak itu cukup mengejutkan anda, bersiaplah untuk dengarkan sebuah kejutan lain, foto & Contack anda dapat di akses orang lain tanpa memasukkan PIN yang benar.

Advertisement

Dari pemberitaan pekan lalu, Apple mengklaim saat ini iOS 9 telah dipakai oleh lebih dari 50% pengguna iPad dan iPhone di seluruh dunia. Ini adalah pencapaian terbesar iOS sepanjang sejarah sejak dirilis di tahun 2007 lalu. Sayangnya, besarnya pengguna iOS 9 devices juga berarti juga bertambah jumlah korban akibat celah keamanan serius yang dibawa iOS 9.

Kabar tersebut didapat dari seorang pengguna iOS 9 device yang juga merupakan pengguna Youtube dengan ID videosdebarraquito. Dalam keterangannya, user ini menunjukkan bagaimana celah security yang ada di iOS 9 membuka peluang bagi siapa saja untuk menggunakan Siri guna mengakses data pribadi pemilik iPhone. Bahkan, celah keamanan itu sangat mudah dieksploitasi sehingga memungkinkan siapa saja bisa memanfaatkannya untuk tujuan buruk.

Dari video yang diupload di Youtube, ditunjukkan cara membobol iOS 9 untuk mengakses Siri dan menyuruh si asisten digital itu mengakses data pribadi user:

Di sebuah iPhone yang terproteksi PIN, masukkan sebuah sembarang PIN sebanyak 4x. Dalam percobaan keempat, masukkan TIGA angka saja (iOS akan terkunci selama 4 menit setelah percobaan ke-5 salah) lalu tekan dan tahan Home button agar Siri muncul saat Anda memasukkan angka keempat.
Seperti bisa Anda lihat di video, celah keamanan ini memungkinkan siapa saja bisa mengakses foto pribadi dan contacts yang tersimpan di iPhone yang sebelumnya telah terkunci dengan PIN. Anehnya, meskipun foto dan contacts bisa diakses tetapi iPhone menunjukkan masih dalam kondisi Locked alias terkunci.

Jika perangkat Anda sudah di Update ke iOS 9 anda dapat melihat atau mengikuti langkah di bawa yang membuktikan bahwa gampangnya iOS 9 di bobol.