Wah 25 iOS Apps ini di ketahui Terkena XCodeGhost Malware

Malware
Malware

Berita tentang sebuah malware yang bernama XcodeGhost yang cukup meresahkan pemakai iOS Devices sejak muncul pada beberapa waktu lalu, hmm gimana tidak, App Store yang dikenal aman dan sangat selektif untuk menerima aplikasi, tetap jadi sasaran sebuah malware ini.

Advertisement

Tak ingin tinggal diam, Apple bergerak cepat mengatasi masalah ini. Apple secara tegas juga mengingatkan kembali agar para developer menggunakan tools aman yang disediakan gratis oleh Apple, termasuk Xcode. Dengan tools resmi Apple diharapkan aplikasi yang dibuat developer tidak mendatangkan masalah bagi pengguna iOS devices. Masalahnya, menurut Apple, sejumlah developer justru download Xcode abal-abal dan menggunakannya untuk membuat aplikasi padahal software tersebut telah terinfeksi malware dan karenanya aplikasi yang dihasilkan juga turut terinfeksi.

Jika Anda salah satu iOS developer, perlu diketahui bahwa Xcode app memiliki kode rahasia Apple sehingga ketika Anda download Xcode dari Mac App Store maka code signature untuk Xcode akan otomatis dicek dan divalidasi oleh sistem. Jika Xcode didownload dari Apple Developer Program, code akan otomatis dicek dan divalidasi oleh sistem secara default sejauh Gatekeeper tidak dimatikan.

Saat ini Apple telah menghapus aplikasi-aplikasi yang terindikasi malware karena dibuat menggunakan software bajakan. Apple juga telah memblokir pendaftaran aplikasi baru yang mengandung malware XcodeGhost.

Namun, setidaknya ada 25 aplikasi yang terinfeksi XcodeGhost (gambar di atas) yang justru merupakan aplikasi populer. Jika Anda merupakan salah satu pengguna aplikasi tersebut, silakan update aplikasi langsung di iDevice Anda untuk membenahi sekaligus mencegah masalah yang akan merugikan Anda.

Kalo Aplikasi itu masih Ada di App Store maka dapat di pastikan bahwa aplikasi itu sudah terupdate dengan versi anyar yang cukup aman sementara jika tidak lagi tersedia, Apple Mengucapkan bahwa update akan di berikan cepat untuk menangani masalah ini.

XcodeGhost Malware
XcodeGhost Malware