Kontroversi Chipgate di iPhone 6S Mencuat

Prossesor A9
Prossesor A9
Prossesor A9
Prossesor A9

Jika Kemarin Peluncuran iPhone 6 & iPhone 6 Plus datang dengan Kontrovensi seputar kasus penyelundupan, 2 perangkat itu ke pasar Tionglpl serta ada masalah bendgate, pada tahun ini masalah nya terbilang cukup banyak, dari melakukan Update iOS 9.0.2 yang sebabkan perangkat mati dan tombol home yang tiba-tiba panas, beberapa konsumen dapati bahwa ada 2 versi prosessor A9 yang digunakan oleh Apple dan salahsatunya memiliki kualitas yang buruk.

Prosesor Apple A9 di iPhone 6s & 6s Plus diproduksi oleh 2 pihak, yaitu Samsung dan TSMC; Samsung memproduksinya dengan mengandalkan teknologi 14nm dan ukuran chipnya sebesar 96mm persegi, sementara TSMC menggunakan teknologi produksi 16nm dengan ukuran chip sebesar 104,5mm persegi. Jika melihat informasi tersebut, idealnya chip buatan Samsung lebih baik ketimbang TSMC bukan?

Tidak juga, karena sejumlah tes yang dilakukan oleh para pengguna malah memperlihatkan fakta yang sebaliknya.

Kedua jenis iPhone tadi diujicoba dengan menjalankan aplikasi GeekBench dengan settingan yang identik, dan hasil tes memperlihatkan bahwa chip buatan TSMC konsumsi energinya 50% lebih efisien ketimbang buatan Samsung. iPhone kemudian dicoba untuk menjalankan video YouTube selama 1 jam, dan hasilnya chip buatan Samsung mengkonsumsi energi baterai sebanyak 15%, sementara TSMC sebanyak 14%.

Seorang pengguna lain juga ikut menjalankan ujicoba dalam skenario penggunaan sehari-hari, dimana kedua iPhone dijalankan untuk merekam video timelapse selama 30 menit. Hasilnya, baterai iPhone dengan prosesor buatan Samsung menyisakan energi baterai sebanyak 84%, sementara iPhone dengan prosesor buatan TSMC menyisakan energi baterai sebanyak 89%.

Tak cuma itu, ketika dicoba untuk merekam video 4K, energi baterai dari kedua iPhone sama-sama berkurang sebanyak 6%, lalu ditambah dengan export iMovie dari file 4K tadi membuat baterai iPhone dengan prosesor Samsung sebanyak 60%, sementara TSMC sebanyak 66%. Tak ada perbedaan performa untuk tes GFXBench Metal untuk kategori GPU, namun segala proses ujicoba tadi akhirnya menyisakan energi baterai sebanyak 55% untuk iPhone dengan prosesor A9 dari Samsung, sementara TSMC sebanyak 62%.

 

Anda dapat Mendownload Aplikasi beranama Lirum di App Store untuk mengetahui prossesor buatan siapa yang ada di iPhone 6S, namun sunggih disayangkan hal itu dapat dilakukan setelah pembelian, jadi kembali pada faktor keberuntungan apakah perangkat iPhone yang anda beli nanti akan di support oleh buatan TSMC atau Samsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *