Tanggapan dari Apple Tentang Masalah di Chipsetnya

Prossesor A9
Prossesor A9

Jika anda sering ikuti kabar tentang perangkat dari Apple yaitu iPhone 6s & 6s Plus, maka anda pasti udah tau tentang beberapa masalah yang datang dalam akhir-akhir ini.

Advertisement

Setelah direpotkan dengan masalah tombol home yang memanas serta iPhone yang mendadak mati setelah pengguna mengunduh update iOS 9.0.2, kemarin Apple juga direpotkan dengan sebuah masalah baru yaitu chipgate.

Kontroversi baru ini dijuluki sebagai chipgate lantaran 2 jenis prosesor A9 yang diproduksi oleh Samsung & TSMC tercatat memiliki selisih performa yang cukup timpang. Sejumlah tes benchmark serta tes pemakaian video playback & merekam video timelapse membuktikan bahwa prosesor A9 buatan TSMC lebih efisien ketimbang buatan Samsung, dan hal ini jelas membuat pelanggan merasa was-was seandainya iPhone 6s yang mereka beli ternyata memakai chip buatan Samsung.

Menanggapi kegelisahan tersebut, Apple pun langsung memberikan pernyataan resmi untuk menenangkan para pelanggan yang menjelaskan bahwa selisih daya tahan baterai dari 2 prosesor tersebut untuk penggunaan di dunia nyata cuma berbeda sebanyak 2% – 3% saja. Apple menjelaskan bahwa tes lab yang memaksa prosesor untuk terus-menerus melakukan kerja berat sampai baterai habis tidak bisa dijadikan sebagai acuan untuk penggunaan sehari-hari, mengingat waktu yang dihabiskan untuk mempertahankan agar prosesor tetap dalam performa tinggi sama sekali tak realistis.

Apple ucapkan bahwa aksi seperti ini termasuk cara untuk menyesatkan untuk ketahui daya tahan baterai yang digunakan dalam aktivitas, dan data dari para konsumen serta hasil uji coba yang mereka gunakan mencatat bahwa selisih performa 2 prosessor ini hanya 2%-3% aja.