Klarifikasi Dari Apple tentang Fitur iOS 9 yang akibatkan Boros Konsumsi Data internet

iOS 9
iOS 9
iOS 9
iOS 9

Berselang beberapa waktu setelah iOS 9 meluncur, sebuah Laporan dari Quartz rilis yang ingatkan para konsumen bahwa ada fitur anyar di iOS 9 yang berpotensi buat konsumsi data internet pemakai naik drastis.

Bagi Anda yang melewatkan informasi, fitur tersebut dijuluki sebagai WiFi Assist; sebuah fitur yang akan memindahkan konektivitas WiFi ke data seluler tiap kali jaringan WiFi yang dipakai pengguna tidak stabil. Fitur ini dikembangkan dengan maksud agar pengguna tak pernah mengalami buffering ketika menggunakan aplikasi atau browsing web, namun sejumlah pengguna mengeluh bahwa konsumsi data internet mereka melonjak tajam; salah seorang developer yang biasanya cuma menghabiskan 1-2GB selama sebulan mencatat bahwa iPhone miliknya telah menghabiskan data sebanyak 7GB.

Menanggapi keluhan tersebut, Apple pun segera menambahkan sebuah halaman baru di website resmi mereka yang menjelaskan bahwa pengguna tak perlu terlalu takut dan fitur ini tidak akan membuat kantong Anda jebol lantaran harus membayar tagihan internet setiap bulan.

Apple menekankan bahwa masalah ini mungkin hanya akan diderita oleh segelintir pengguna saja dan meyakinkan bahwa fitur WiFi Assist tidak terintegrasi dengan aplikasi buatan pihak ke-3 yang menjalankan fungsi streaming video/musik atau memiliki konten yang bisa diunduh. Gampangnya, fitur WiFi Assist tidak dirancang untuk langsung aktif ketika pengguna mengakses layanan yang boros dalam konsumsi data internet.

Apple juga mengingatkan kalau WiFi Assist hanya berfungsi ketika pengguna menggunakan aplikasi; bukan ketika mengunduh sebuah konten seperti aplikasi atau album musik di background, juga ketika pengguna sedang dalam mode roaming.

Hmm jika apa yang anda baca dia atas belum yakinkan anda, solusi baiknya adalah mematikan fitur yang bernama WiFi Assist lewat aolikasi Setting > Cellular > cari Opsu WiFi Assist yang ada di bawag lalu non-aktifkan.

WiFi Assist
WiFi Assist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *