Tidak lagi ingin Chipgate Terulang Apple Coret Samsung dari daftar Chip A10 nanti

Prossesor A9
Prossesor A9
Prossesor A9
Prossesor A9

Setelah iPhone 6S & 6S Plus meluncur para reviewer akhirnya buktikan perangkat anyar dari Apple yang datang dalam 2 versi yaitu dari Prosessor A9 buatan Samsung sementara 1 lainnya menggunakan Prosessor A9 dari TSMC.

Yang mengejutkan, sejumlah review mencatat bahwa efisiensi kedua prosesor dalam mengkonsumsi energi baterai cukup timpang, walaupun Apple mengklarifikasi kalau metode yang dipakai dalam tes tersebut tak realistis untuk pemakaian sehari.

Namun pernyataan tersebut kemungkinan cuma dipakai untuk menenangkan hati para pelanggan saja, sementara di balik layar Apple bakal mengambil sebuah tindakan tegas agar kontroversi serupa jangan sampai terulang tahun depan. Setidaknya itulah pendapat yang dikemukakan oleh salah seorang analis JP Morgan yang dikutip oleh UDN di Tiongkok, dimana dirinya meyakini kalau pesanan chip A10 untuk iPhone 7 tahun depan bakal sepenuhnya jatuh ke tangan TSMC, sementara Samsung bakal dicoret dari daftar pemasok chip A10.

Sekalipun terdengar sangat mungkin terjadi dan pendapat ini sudah mulai didengungkan sejak beberapa bulan yang lalu; bahkan sebelum munculnya kontroversi chipgate, namun ada satu faktor yang mungkin bakal membuat Samsung bakal ikut campur dalam proses produksi chip A10. Faktor tersebut adalah kapasitas produksi TSMC yang ditengarai masih belum bisa memenuhi begitu tingginya jumlah pesanan chip yang dibutuhkan oleh Apple, terlebih lagi jika Apple menghendaki agar chip tersebut diproduksi dengan menggunakan teknologi terbaru yang sampai saat ini hanya ada di Samsung.

Di lain pihak, Samsung merupakan salah satu produsen chip terbesar di dunia yang tak ingin catatan minus mereka tahun lalu kembali terulang. Tak cuma itu, rencana Samsung untuk merilis Galaxy S7 dalam versi Exynos dan Snapdragon tampaknya juga bakal berperan dalam masalah ini; jika kapasitas produksi pabrik-pabriknya tak diforsir untuk memproduksi chip Exynos, maka Samsung jelas bakal dengan senang hati mendapatkan pesanan chip dalam jumlah yang lebih besar dari Apple.

Pada kali ini masih terlalu cepat untuk menarik kesimplan tentang apa yang akan di rencanakan Apple selanjutnya dalam iPhone 7 Tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *