Generasi Selanjutnya dari iPhone akan memakai 2 Logo Apple & Intel Inside?

Advertisement
Apple
Apple

Ketika Samsung tengah bersaing dengan TSMC untuk jadi pemasok utama chip Untuk Apple satu pihak lain sedang memantau dan siap juga meluncur kedalam persaingan yang membuat persaingan itu semakin panas.

Advertisement

Laporan terbaru Venture Beat mengungkapkan bahwa Intel yang selama ini merupakan produsen prosesor komputer desktop terbesar di dunia telah mempekerjakan 1000 orang karyawan guna mengembangkan sebuah chip modem LTE 7360 yang disiapkan untuk iPhone rilisan tahun 2016, alias iPhone 7.

Besarnya jumlah karyawan yang dipekerjakan memperlihatkan bahwa Intel memang sangat serius untuk menjadi salah satu rekanan pemasok chip modem LTE bagi Apple. Intel menganggap bahwa proyek ini bakal sangat menentukan masa depan mereka di industri smartphone, mengingat Apple terkenal sebagai klien yang menghendaki kualitas terbaik untuk produk terlarisnya.

Dengan pertimbangan tingginya jumlah volume produksi iPhone setiap tahunnya, maka Apple kemungkinan bakal memesan modem LTE dari kedua pihak untuk memastikan agar mereka memiliki persediaan yang mencukupi di awal perilisan; mirip seperti situasi dimana Apple memesan chip prosesor A9 dari TSMC dan Samsung.

Pihak Apple sendiri juga menyambut dengan baik akan niatan kerjasama dengan Intel; sumber Venture Beat mengatakan bahwa para engineer Apple telah beberapa kali mengunjungi fasilitas pengembangan chip milik Infineon di kota Munich, Jerman guna ikut mengoptimalkan chip modem 7360 untuk iPhone. Tak cuma itu, Apple juga telah merekrut salah satu mantan pentolan Infineon untuk membantu proses pengembangan chip model 7630, jadi kesepakatan antara kedua perusahaan mungkin bakal benar-benar terjadi jika chip modem tersebut memang terbukti superior ketimbang buatan Qualcomm.

Ke depannya, Apple tampaknya juga berencana untuk mengembangkan sebuah SoC yang mampu mencakup prosesor Ax serta modem LTE ke dalam satu chipset guna menghadirkan efisiensi yang lebih baik di iPhone mendatang. Apple masih akan merancang desain arsitektur untuk SoC tersebut; chipset masih akan menggunakan brand Apple, sementara Intel bakal mendapatkan jatah lisensi untuk properti intelektual dari modem LTE yang mereka kembangkan.

Tidak hanya itu juga intel kabarnya bakal dapat produksi chipset dengan memakai sebuah tekhnologi 14nm punya mereka.

Apple
Apple
Apple Inc., iPhone, Review . Bookmark the permalink.

Mr. Santoni

Pemerhati Dunia Maya... Pengguna beragam Smartphone. Saat ini sedang senang berbagi tentang iPhone, iPad dan Mac. Tips2 yang kami berikan telah teruji dan berfungsi sewaktu pertama kali kami tulis