256 Aplikasi di Hapus Oleh Apple karena dugaan Pencurian data Konsumen

Apps
Apps

Tidak lama ini ada sebuahlaporan yang diluncurkan beberapa waktu yang lalu, laporan tersebut berisikan bahwa lebih dari 250 Aplikasi telah diturunkan dari App Store oleh sang Pemilik Apple.

Advertisement

Aplikasi-aplikasi tersebut diduga mengumpulkan informasi para penggunanya dengan menggunakan API pribadi yang baru saja diblokir oleh Apple. Sekitar 256 aplikasi yang dihapus menggunakan sebuah versi dari SDK advertising Youmi, yang bisa disimpulkan, berasal dari Tiongkok.

SDK terintegrasi dengan aplikasi iOS dan Android, yang membuat program tersebut bisa mengumpulkan informasi mengenai pengguna dari aplikasi-aplikasi. Jumlah total download dari 256 aplikasi yang diblokir tersebut sudah mencapai lebih dari 1 juta kali. Sebuah laporan menyebutkan bahwa informasi yang diambil oleh SDK Youmi termasuk daftar dari semua aplikasi yang diunduh pada smartphone tertentu, nomor seri platform dari iPhone dan iPad yang menjalankan iOS terbaru, serta alamat email pengguna yang terdaftar pada Apple ID. Informasi ini diduga dikirimkan ke server Youmi dengan menggunakan API pribadi.

Salah satu aplikasi yang diduga terlibat dalam skandal ini adalah aplikasi resmi McDonald’s untuk area Tiongkok. Dalam sebuah pernyataannya, Apple mengatakan bahwa setiap aplikasi yang dikirimkan ke App Store dengan kode dari Youmi SDK secara otomatis akan ditolak. Tetapi Apple menyarankan bagi para developer yang menggunakan Youmi SDK dan tidak tahu menahu tentang apa yang terjadi.

dan Lagi Untuk berpindah Ke sebuah SDK yang lain sebelum kembali daftar dan terbitkan aplikasi mereka ke App Store nanti.