Chipset A9X Dari Apple ini Memiliki Desain yang unik

Sebuah Teardown yang di lakukan oleh ChipWorks dapat melihat dari dekat gimana Apple desain Chip A9X miliknya.

A9
A9

Chipset A9X ini digunakan di iPad Pro milik Apple dan bisa anda ketahui banyak kejutan yang ada di dalam chipset ini.

Advertisement

Menurut temuan Chipworks, A9X tidak hanya powerful dalam mempersenjatai iPad Pro tetapi juga lebih tangguh dari chip Intel yang dipakai di berbagai laptop. Dicatat pula bahwa chip A9X berukuran lebih besar dari prosesor A9 yang dibuat oleh Samsung dan TSMC untuk iPhone 6s.

Apa yang dibuat Apple di A9X adalah sebuah prestasi baru, sebuah pencapaian penting oleh para desainer dan engineer Apple yang layak dibanggakan. Dan pencapaian ini sudah selayaknya diwaspadai oleh Intel, atau justru malah harus dicontoh.

Hal pertama yang bisa dilihat dari A9X adalah ukurannya yang jauh lebih besar dari kebanyakan mobile chip di iOS devices yang sejauh ini ada di pasaran. Secara pasti chip A9X lebih besar 40% dibanding prosesor A9 di iPhone 6s. Ukuran yang besar ini memang tidak mustahil mengingat iPad Pro memiliki ruang yang cukup besar untuk menempatkan chip A9X di dalamnya.

Namun tentu saja ukuran bukan satu-satunya tolok ukur kehebatan sebuah chip prosesor. Faktanya, chip A9X merupakan gabungan dari 2 CPU core dan 12-clustru GPU. Seperti bisa Anda lihat dalam gambar, 2 CPU cores terletak di dalam kotak hijau sementara di dalam setiap kotak biru terdapat dua GPU cluster sehingga totalnya adalah 12 cluster.

Catatan lain, chip A9X tidak memiliki on-board cache 8MB yang sebelumnya merupakan fitur standar di chip A9.

Namun Sampai saat ini tidak diketahui Alasan Kenapa Apple Hilangkan fitur ini namun yang jelas dalam hal sebuah teset dapat di tarik kesimpulan bahwa iPad Pro dengan memakai Chip ini dapat melakukan sebuah Ekspor Video 4K yang di nilai sebaik MacBook Retina luncuran 2013 yang menggunakan Intel i7 itu.

Chip A9X
Chip A9X