Benarkah ada 12 Core GPU di Apple Chip A9X?

Advertisement

Memang bukan Rahasia lagi jika Apple Selalu tertutup pada Fans Tekhnologi jika bicara tentang spek yang dimiliki perangkat mereka, para fans yang benarsaran dengan apa yang ada di dalam perangkat mereka.

A9
A9

Dari yang keliatannya Aple melalui sebuah berita-berita membingkar atau teardown yang dilakukan oleh tim di Luar Apple.

Advertisement

Selain itu, untuk mengetahui “jerohan” dari Apple, kita juga bisa mendapatkan bocorannya melalui slip atau catatan dari partner raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino, AS tersebut. Melalui cara ini, kita mengetahui bahwa iPad Pro memiliki fitur RAM 4 GB. Kini dengan teardown, kita juga akan mengetahui komponen-komponen apa yang dibawa oleh chip A9X di dalam iPad Pro.

Untuk mengetahuinya, tim dari Chipword dan AnandTech terpaksa harus kerja lembur saat orang lain menikmati liburan Thanksgiving mereka. Dari breakdown tersebut diketahui bahwa chip tersebut adalah buatan TSMC dengan proses pembuatan FinFET 16 nm yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan A6X dan A8X.

A9x Core
A9x Core

Ukuran yang besar itu ternyata digunakan untuk memberikan 12 core GPU sebagai bagian dari desain Series7 dari cluster Imagination’s PowerVR 12. Sebagai catatan, chip A9 menggunakan Imagination’s 6-cire PVR GT7600, tetapi untuk A9X berada di area abu-abu, aitu antara 8 core GT7800 dan 16 core GT7900. Tetapi ketika menggabungkan 12 core dengan memory bus 128-bit, chip A9X mampu mendorong bandwith memory menjadi 51.2 GB/detik. Sebuah catatan yang impresif.

A9X
A9X

Bisa jadi itu adalah alasan kenapa dulu CEO Apple berkata bahwa perangkat iPad Pro dapat buat perangkat PC tidak berkutik walaupun kemudian salah satu Pendiri Apple tidak setuju dengan pendapat itu.

Apple Inc. . Bookmark the permalink.

Mr. Santoni

Pemerhati Dunia Maya... Pengguna beragam Smartphone. Saat ini sedang senang berbagi tentang iPhone, iPad dan Mac. Tips2 yang kami berikan telah teruji dan berfungsi sewaktu pertama kali kami tulis