iPhone 5SE akan datang dengan Prosessor Seperti iPhone 6

Perangkat iPhone baru dengan layar yang memiliki ukuran 4inci diketahui sebagai perangkat iPhone 5SE.

iPhone5se
iPhone5se

Munculnya perangkat ini cukup kejutkan prediksi banyak pihak bahwa Apple hanya fokus pada iPhone dengan layar lbar seperti iPhone 6 ataupun iPhone 6 Plus.

Advertisement

iPhone 5se tampaknya dipakai Apple untuk melanggengkan lini iPhone 4 inci yang saat ini masih ada di pasaran melalui iPhone 5s. Penamaan iPhone 5se tampaknya juga codename lanjutan dari iPhone 5s yang dirilis tahun 2013 lalu.

Yang menarik, meski mempertahankan layar ‘kecil’ namun kabarnya iPhone 5se bakal dipersenjatai oleh prosesor Apple A9 yang dipadu dengan M9 motion coprocessor. Hal ini seperti diungkap oleh situs 9to5Mac. Sebelumnya di bulan Desember lalu, situs MyDrivers juga telah menyebutkan bahwa iPhone ukuran kecil bakal mendapatkan upgrade prosesor yang lebih cepat. Laporan ini tampaknya sesuai dengan apa yang diungkap 9to5Mac baru-baru ini.

“Kami mendapatkan informasi bahwa ada beberapa prototype berbeda dari perangkat yang digarap di Apple campus: beberapa prototype menggunakan chip A8 dan M8 seperti yang telah kami laporkan sebelumnya, beberapa lainnya menggunakan prosesor A9 dan M9 seperti yang dipakai di iPhone 6s. Sekarang kami tahu bahwa iPhoen 5se tampaknya cenderung menggunakan chip A9 dan M9 daripada A8 dan M8.”
Jika rumor ini benar maka penggunaan coprocessor M9 akan menjadikan Siri iPhone 5se selalu siaga. Hal ini akan memungkinkan Anda bisa dengan mudah mengaktifkan Siri dengan hanya mengucapkan “Hey Siri” kapanpun Anda bersama iPhone.

Jika merujuk pada rumor sebelumnya, maka iPhone 5se akan tersedia dalam model 16GB dan 64GB. Sayangnya belum jelas apakah juga akan tersedia model 128GB. Mengenai desainnya, meskipun berukuran sama tetapi tampaknya iPhone 5se tidak akan meniru desain iPhone 5s. Sebaliknya, sejumlah bocoran memastikan bahwa iPhone 5se bakal meniru wujud iPhone 6 namun dengan ukuran lebih kecil.

Karena hal itu pula banyak yang menyakini bahwa perangakt iPhone 5SE nanti akan jadi produk yang sama dengan iPhone 6C dan jika Prediksi itu benar maka iPhone 5SE akan di ungkap keberadaannya 2016 Bulan Maret yang akan datang.