Seorang Pengguna Apple Watch Tuntut Apple dan Menang di Pengadilan Karena Garansinya Ditolak

Apakan Anda memiliki minat untuk beli perangkat Apple Watch Sport dengan menemani aktivitas berolah raga anda?

APPLE WATCH
APPLE WATCH

nampaknya anda harus berhati hati jikalau memakai perangkat tersebut.

Advertisement

karena jam itu tidak setangguh seperti apa yang telah di klaim oleh Apple sendiri.
Seorang pria asal Wales baru-baru ini merayakan sebuah kemenangan langka dari Apple di pengadilan, dimana tuntutannya untuk mendapatkan ganti rugi dari Apple atas cacat di layar display Apple Watch miliknya dimenangkan oleh hakim. Gareth Cross terpaksa menempuh jalur hukum gara-gara Apple Watch Sport miliknya mendadak memiliki retakan di layar display, padahal jam tersebut baru dibeli 10 hari.

Cross awalnya ingin membeli Apple Watch versi Sport karena tertarik pada klaim ketahanannya terhadap benturan. Namun 10 hari setelah pembelian, mendadak muncul retakan di layar yang awalnya cuma sepanjang 4-5mm dan terus membesar, padahal Cross jam tangan sama sekali tak terbentur apapun dan cuma dipakai biasa.

Cross pun segera menyampaikan keluhannya pada cabang Apple terdekat, dan sempat mendapatkan penawaran perbaikan secara gratis asal berkenan mengirimkan foto dari kerusakan di Apple Watch. Namun setelah foto dikirim perwakilan Apple Store mengatakan kalau kerusakan tersebut disebabkan oleh benturan, dan akhirnya menganulir ketentuan garansi perbaikan gratis. Apple menyatakan bahwa garansi 1 tahun berlaku untuk ‘cacat produk,’ bukan pemakaian biasa atau kerusakan gara-gara insiden kecelakaan atau dirusak.

Klaim tentang ketangguhan display Apple Watch di iklan tampaknya menjadi penentu kemenangan Cross, karena Apple dalam promo mereka menyatakan dengan gamblang kalau jam tangan Apple Watch Sport memiliki ‘ketahanan terhadap benturan maupun goresan.’ Pengadilan yang menerima tuntutan dari Cross pun sepakat bahwa Apple telah menyalahi ketentuan kontrak pembelian dengan menolak memperbaiki ataupun mengganti jam tangan, terutama karena apa yang dinyatakan di iklan tak sesuai dengan kenyataan.

Pengadilan memerintahkan Apple untuk memberikan biaya ganti rugi seharga pembelian jam tangan plus menanggung biaya pengadilan, dengan total sebesar 429 poundsterling. Cross juga mendapatkan kembali jam tangan miliknya, namun tetap dalam kondisi tergores tanpa perbaikan.

Apple sendiri kini menghapus klaim bahwa Apple Watch Sport memiliki ketahanan terhadap benturan di iklan-iklan yang baru, sementara website mereka masih memajang klaim bahwa layar jam tangan dibuat dari lapisan kaca aluminosilikat.

Bahan dari Kaca aluminiosilikat sendiri sama dengan jendela dari pesawat luar angkasa ataupun kereta.