iOS 9 dapat Picu “Error 53” yang dapat sebabkan iPhone 6 Mati Total

iOS
iOS

Hmm jika anda punya Kecenderungan untuk sering jatuhkan perangkat dan lokasi tempat anda saat ini tinggal tidak memiliki service center resmi dari produk-produk Apple.

iOS
iOS

Mungkin ada baiknya anda urungkan niat anda untuk beli perangkat iPhone 6. lho kok bisa gitu sih?

Karena hingga saat ini ada begitu banyak pengguna iPhone 6 yang kaget mendapati bahwa ponsel mereka mendadak rusak total dan tak bisa digunakan sama sekali, cuma karena mengunduh update iOS 9 dan pernah melakukan reparasi iPhone 6 yang bukan merupakan rekanan resmi Apple.

Masalah ini dijuluki sebagai ‘error 53,’ dan ketika Anda mendapati bahwa iPhone 6 Anda mendadak rusak, maka bersiaplah untuk merelakannya karena tak ada lagi yang bisa dilakukan kecuali mengirimnya ke cabang resmi Apple dan melakukan biaya perbaikan dengan harga mendekati separuh harga iPhone 6 baru. Contoh yang pernah terjadi adalah seorang pengguna di Inggris membeli iPhone 6 seharga 550 poundsterling atau sekitar Rp 10,8 juta, sementara biaya reparasi yang dikenakan ketika dirinya mendapatkan pesan error 53 adalah sebesar 270 poundsterling atau setara Rp 5,3 juta.

Dari laporan yang masuk, pangkal masalah dari error 53 ini diawali ketika pengguna secara tak sengaja menjatuhkan atau membentukan iPhone 6, yang akhirnya membuat tombol home alias TouchID tak berfungsi. Mengingat biaya reparasi di toko resmi Apple mahal, maka bisa dimaklumi jika pengguna memilih memperbaikinya di toko biasa lantaran selisih tarif yang dikenakan sangat banyak. Setelah direparasi iPhone 6 maupun TouchID bisa berfungsi normal, namun masalah segera datang begitu pengguna mengunduh update iOS 9.

Setelah proses instalasi selesai, iOS 9 akan mendapati kalau sensor TouchID telah diutak-atik oleh pihak tak resmi, dan pada akhirnya membuat iPhone 6 sepenuhnya tak bisa digunakan. Parahnya lagi, data-data yang tersimpan di dalamnya bakal hilang seluruhnya, juga sama sekali tak bisa diakses. Untuk pengguna yang memilih untuk tak mereparasi TouchID dan membiarkannya tetap rusak, masalah error 53 ini juga tetap bisa terjadi.

Yang membuat masalah ini makin pelik, para pakar ponsel meyakini kalau Apple sepenuhnya mengetahui tentang potensi terjadinya error 53, namun lebih memilih untuk diam dan tak memberikan peringatan sama sekali pada pengguna tentang masalah error 53 seandainya mereka mengunduh update iOS 9. Satu-satunya solusi adalah membeli iPhone baru, atau mereparasinya ke gerai resmi Apple dengan tarif yang jelas menguras kantong pengguna.

Jadi untuk amannya, seandainya saat ini Anda baru saja ditawari iPhone 6, pastikan bahwa iPhone tersebut memang tak pernah jatuh atau mengalami kerusakan di bagian TouchID. Jika memang pernah jatuh dan sudah diperbaiki, coba tanyakan apakah pemilik sebelumnya memperbaikinya di cabang resmi atau bukan, juga tanyakan apakah iOS yang dipakai masih iOS 8 atau sudah iOS 9.

Jika sudah pernah memperbaiki dan anda sudah terlanjur sangat berminat dengan iPhone 6 Tersebut maka satu-satunya solusi adalah bertahan dengan iOS 8.iOS BUG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *