Akankah iPhone 7 Tidak terikat dengan masalah Chipgate ?

iPhone
iPhone

Sejak Peluncuran perangkat iPhone 6s & 6s Plus para konsumen di datangkan dengan sebuah masalah bernama Chipgate di mana Chip A9 yang ada di Perangkat iPhone 6s & 6s Plus datan dengan 2 versi.

iPhone
iPhone

Chip satunya yang memiliki masalah merupakan chip buatan samsung dan yang satunya lagi yang terbilang efisien buatan dari TSMC.

Apple pun segera menyanggah laporan tersebut dan menekankan kalau selisih performa antara kedua versi sangat kecil, yaitu antara 2% – 3% saja.

Melihat pengalaman tersebut, maka bisa dipahami jika Apple bakal memprioritaskan proses produksi prosesor Ax untuk rilisan iPhone berikutnya pada TSMC ketimbang Samsung bukan?

Hal inilah yang kembali dikonfirmasi oleh The Electronic Times asal Taiwan, yang mengklaim kalau TSMC bakal menangani proses produksi chip A10 untuk iPhone 7 dengan mengandalkan teknologi 10nm mereka. Kabar sebelumnya menyatakan kalau TSMC siap menjalankan proses produksi massal chip A10 di bulan Juni 2016 guna menyambut perilisan iPhone 7 di bulan September 2016.

Namun laporan rutin TSMC pada para investor yang dirilis bulan Februari lalu mengatakan kalau mereka baru siap menjalankan proses produksi massal dengan menggunakan teknologi 10nm di tahun 2017, dan paruh ke-2 tahun 2016 proses produksi chip 10nm bakal berlangsung dalam jumlah terbatas.

Entah apakah ini berarti bahwa Apple bakal kembali memecah pesanan chip A10 kepada TSMC dan Samsung seperti tahun lalu, atau Apple bakal mengalihkan pesanan sepenuhnya ke TSMC dengan asumsi bahwa perilisan awal iPhone 7 hanya akan berlangsung di beberapa negara saja,

Hmm jadi untuk Jumlah Chip yang dibutuhkan masih terbilang belum cukup besar jika di bandingkan dengan peluncuran Global di berbagai negara yang akan di jalankan di awal 2017 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *