iPad Pro 9.7 inci Rilis dengan Performa Chipset A9X yang Berbeda

Seperti yang sudah di Beritahukan iPad Pro 12.9inci dan 9.7inci rilis dengan Chipset A9X, tapi perangkat baru dengan layar jumbo ini mmiliki kecepatan yang berbeda.

IPAD
IPAD

Karena Apple pada saat itu memutuskan percepat proses (uncerclock) dari A9X pada Varian 9.7inci.

Advertisement

Menurut informasi langsung dari Apple, chip A9X pada iPad Pro 12,9-inci memiliki sebuah CPU yang bekerja 2,5 kali lebih cepat dibandingkan chip A7. Serta GPU yang 5 kali lebih kuat. Hal yang sedikit berbeda ada pada iPad Pro 9,7-inci, yang chip A9X miliknya punya CPU yang berjalan 2,4 kali lebih cepat dibandingkan A7. Sementara GPU-nya 4,3 kali lebih tinggi.

Mengapa Apple memberikan perbedaan pada kedua tablet tersebut lewat chip A9X-nya? Kemungkinan karena perusahaan asal Cupertino itu ingin iPad Pro 12,9-inci lebih powerful ketimbang varian yang lebih kecil. Versi 12,9-inci menggunakan port Lightning berbasis USB 3, yang memberikan kecepatan isi ulang dan transfer data lebih cepat dibandingkan dengan versi 9,7-inci, yang menggunakan Lightning berbasis USB 2. Sementara itu, teori lain menyebutkan bahwa Apple tidak ingin memaksa kinerja baterai tablet 9,7-inci karena ukurannya yang lebih kecil.

Namun Perbedaan antar varian ini mungkin terbilang kecil karena tidak nampak perbedaannya kecuali pengamatan yang mendetail jadi tidak perlu khawatir antara perbedaan perangkat ini.

iPad Pro
iPad Pro