Cara Uninstall Aplikasi Bawaan iOS (iPhone & iPad)?

iPad Pro nantinya aplikasi bawaanya akan mudah di Uninstall
iPad Pro nantinya aplikasi bawaanya akan mudah di Uninstall

Cara Uninstall Aplikasi Bawaan iOS (iPhone & iPad). Sampai saat ini Fitur untuk Uninstall Aplikasi Bawaan di iOS baik itu di iPhone dan iPad belum ada. Bahkan bisa dibilang belum ada cara untuk itu.

Tapi hal itu, bisa jadi akan menjadi kenyataan. Uninstall Aplikasi bawaan di iOS (iPhone dan iPad) di kemudian hari bisa jadi akan mudah dilakukan.

Hal itu seperti yang terungkap dari Metadata di iTunes yang di temukan oleh AppAdvice. Dalam penemuannya ini AppAdvice mengatakan kalau di Metadata yang ada di iTunes dimana di iTunes ada nilai atau value baru yaitu isFirstParty dan isFirstPartyHideableApp.

Metadata di iTunes untuk Hide App di iOS
Metadata di iTunes untuk Hide App di iOS

Dua nilai tadi adalah hal dimana nantinya pengguna bisa Remove atau Uninstall Aplikasi bawaan di iOS (iPhone dan iPad) tersebut.  Sementara itu dalam suatu sesi Tim Cook (Apple CEO) pernah ditanya kenapa aplikasi bawaan tidak bisa di Install, dan memberikan jawaban kalau beberapa aplikasi bawaan ter integrasi dengan Sistem. Jadi kalau di Uninstall/Remove akan membuat Sistem tidak stabil.

Tapi itu adalah Inteview yang dilakukan di September Tahun lalu. Berikut ini kutipannya

“There are some apps that are linked to something else on the iPhone. If they were to be removed they might cause issues elsewhere on the phone. There are other apps that aren’t like that. So over time, I think with the ones that aren’t like that, we’ll figure out a way [for you to remove them]. …

It’s not that we want to suck up your real estate; we’re not motivated to do that. We want you to be happy. So I recognize that some people want to do this, and it’s something we’re looking at.”

Kemudian di Apple Configurator 2.2 yang di rilis di awal tahun ini, juga ada fitur untuk bisa menghapus Stock App yang masih di tujukan di Pelanggan Bisnis dan juga Pasar Pendidikan.

Kapan Fitur Remove/Uninstall iOS App ini akan dirilis?

Kapankan fitur uninstall App bawaan iOS ini akan di rilis? Kalau menurut analis kami, besar kemungkinan fitur ini baru akan tersedia mulai WWDC 2016 untuk perkenalan di iOS 10, dan kemudian fitur ini akan tersedia secara penuh pada saat rilis iOS 10 dan berbarengan dengan Smartphone iPhone 7 nantinya.

Bisa jadi kedepannya Uninstall atau Remove Aplikasi bawaan iOS ini menjadi bisa dilakukan semua pengguna. Bukankah itu sangat mengasikkan? Karena diakui beberapa aplikasi bawaan beberapa diantaranya tidak dibutuhkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *