Chip Dengan Proses 7NM tengah di Siapkan oleh TSMC

Dikabarkan bahwa Apple mengganndeng TSMC untuk pembuatan Chip A10 dengan adanya rumor ini semakin kuat dugaan, dugaan apa?

TSMC
TSMC

Beberapa waktu lalu memang muncul dugaan bahwa Samsung tidak akan lagi di libatkan dalam pembuatan chip untuk perangkat Smartphone Apple dan dugaan itu di perkuat dengan datangnya berita ini.

Advertisement

TSMC sendiri diklaim sudah menguasai “fan-out” untuk proses pembuatan 16 nm. Informasi yang beredar, proses teknologi ini dilakukan untuk memenuhi permintaan konsumen yang tidak disebutkan namanya. Sebagai catatan, teknologi “fan-out” ini bakal menyatukan chip-chip silikon dengan gabungan semikonduktor dan menghasilkan produk chip berukuran kecil, namun punya tenaga besar.

Hasil produksi tersebut diduga akan digunakan pada iPhone 7, yang rumornya dilengkapi dengan frame tipis, namun mengandalkan baterai yang punya kekuatan tahan lama dibandingkan iPhone 6s. Proyekan Apple dan TSMC tidak berbatas pada chip dengan proses 16 nm saja. Selain menyelesaikan misi untuk chip 10 nm untuk Apple A11, TSMC juga dikabarkan sedang sibuk menyempurnakan teknologi proses 7 nm dan diharapkan bisa hadir pada smartphone tahun depan.

Apple jadi salah satu patner TSMC dan Konsumen lain untuk chip mereka, tidakhanya itu saja apakah mimpi yang akan di ambil samsung untuk bendung atau menyaingi Apple dengan tekhnologi chip dari masing-masing produsen.