Perbedaan iOS 10 dan iOS 9 yang harus Anda ketahui!

Apple telah meluncurkan iOS 10 bagi pengguna iPad, iPhone dan iPod Touch. Dan anehnya pihak Apple sendiri belum mengungkapkan secara gamblang perubahan, perbaikan atau peningkatan pada fitur apa saja yang ada dalam iOS 10 dari iOS 9 sebelumnya.

iOS 10, Apple Maps
Fitur iOS 10

Namun jika anda berminat untuk melakukan update, tentunya beberapa hal yang perlu ada ketahui adalah, apakah iOS 10 ini mendukung perangkat Apple yang anda miliki saat ini, atau jika anda sudah merasa cocok dengan iOS 9 saat ini apakah ada hal

Advertisement
yang baru yang perlu anda pertimbangkan yang ada di iOS 10. Karena memang terkadang jika kita sudah merasa pas dan cocok dengan sistem operating system yang sudah ada saat ini, rasanya kita tidak perlu melakukan update.

Akan tetapi satu hal yang perlu kita sadari adalah, dengan tidak melakukan update kita tidak akan mengikuti perkembangan dan fitur – fitur baru yang ada di versi terbaru ini.

Apple Maps
Apple Maps

Nah untuk itulah beberapa hal yang perlu kami angkat sehubungan dengan perbedaan antara iOS 10 dan iOS 9 akan kami paparkan di posting kami kali ini. Berikut ulasannya :

  • Pemberitahuan baru.
    Kita tahu saat ini sistem operasi saingan iOS, Android telah beberapa kali mengalami peningkatan, dan salah satu fitur yang mendapat peningkatan adalah Notifikasi atau Pemberitahuan. Dan kini Apple juga telah membuat perubahan yang cukup signifikan dengan fitur Notifikasi. Kini iOS 10 dilengkapi dengan pemberitahuan yang komplit yang memungkinkan anda menerima pemberitahuan/notifikasi dari lockscreen.
  • Angkat Perangkat untuk Membangunkan iPhone.
    Fitur ini mungkin tidak asing bagi pengguna beberapa handset Android seperti Nexus, beberapa lineup Motorola Moto. Dan kini anda pengguna  iPhone 6S dan 6S Plus juga bisa memanfaatkan fitur ini, dengan hanya mengangkatnya anda sudah dapat mengaktifkan iPhone anda dari mode Standby.
  • Perubahan pada Widget.
    Bagi anda yang nantinya memutuskan untuk meng-upgrade ke iOS 10, anda akan menemukan beberapa perubahan, yang salah satunya adalah tampilan Widget yang berbeda. Perusahaan telah menghilangkan Widget yang sebelumnya terdapat pada Notitication Bar. Dan kini anda perlu menggesek layar kekanan atau kekiri untuk menemukan Widget disana.
  • Home App.
    Seperti kita ketahui pada iOS sebelumnya kita kesulitan untuk kembali ke Home. Dan kini dengan iOS 10, setidaknya perusahaan telah menepati janjinya untuk menempatkan App Home di sistem mereka.
  • Siri Kini Lebih Cerdas.
    Siri merupakan salah satu fitur Apple akhirnya membuka Siri untuk pengembang dengan iOS 10. Ini berarti pengguna akan dapat menggunakan suara kontrol untuk membuat panggilan VoIP, mengirim pesan dengan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp atau bahkan hail taksi (Apple demoed ini dengan Uber). Tergantung pada imajinasi pengembang, langit adalah batas di sini – meskipun lagi itu adalah fitur lain catch-up Android.
  • Foto apelKita tahu, Apple banyak menghadirkan, dan kini kembali Apple memberikan perubahan pada aplikasi Foto mereka di iOS 10. Di iOS 10, pengguna akan mendapati tab ‘Kenangan’ yang secara otomatis mengambil foto-foto dan perjalanan untuk membuat kolase, video dan slideshow . Hal ini juga akan mampu mengenali foto sehingga pengguna dapat mencari berdasarkan lokasi atau keterangan tempat (misalnya ‘Jakarta’, atau ‘Pantai’) untuk menyaring foto yang tersimpan.
  • Apple MapsKini di iOS 10 Apple Maps hadir semakin komplit, dan bisa dikatakan hampir mendekati apa yang ada pada Google Maps, aplikasi Maps milik Google. Beberapa Tweak dilakukan Apple disini, seperti UI dengan desain tombol yang lebih besar dan jenis font yang mudah untuk dibaca. Selain itu pengguna juga dapat dapat memindai kalender dan mengenali rutinitas Anda secara otomatis.
  • Apple Musik.Sesuatu yang baru dari aplikasi musik dari iOS 10 adalah hadirnya tab pencarian baru yang akan memberikan dukungan pada pencarian dengan menampilkan lirik dan juga didesai dengan UI yang menarik. Selain itu pengguna juga dapat menelusuri musik yang ada dan juga terdapat tab Radio.
  • Apple News.Di iOS 10 aplikasi¬† Apel News, mendapat sentuhan UI baru. Dengan tidak tanggung-tanggung, Apple mendesain ulang tampilan Apple News ini. Kini di iOS 10 kita akan mendapati beberapa bagian kategori berita yang dipilah – pilah menjadi beberapa kategori, untuk memudahkan penggunaanya seperti tren berita dan spesialis topik.