Ini Kelebihan dari Lightning HeadPhones

iPhone 7
iPhone 7

Perangkat Selanjutnya dari Apple yaitu iPhone 7 datang dengan kabar baru yang akan menghilangkan fitur lamanya yaitu headphone jack 3.5mm dan di gantikan dengan satu port untuk bermacam-macam kepentingan.

iPhone 7
iPhone 7

Yaitu di ganti dengan Lightning Port yang dapat di gunakan untuk charging, port ini kabarnya akan di pakai sebagai port earphone.

Sementara hingga saat ini rumor tersebut belum terbukti kebenarannya, muncul pertanyaan, kenapa Apple harus repot-repot mengganti headphone jack yang telah jamak dipakai sebagai standar di berbagai perangkat?

Disadur dari Business Insider, dikatakan bahwa headphone yang menggunakan koneksi digital, seperti Lightning ataupun USB Type-C, mampu melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh headphone analog. Hal ini seperti yang diungkap oleh Carl Alberty, yang merupakan pimpinan divisi pemasaran Cirrus Logic.

Perlu dicatat bahwa pekan lalu Cirrus telah mengumumkan sebuah developer kit yang memungkinkan semua produsen headphone bisa membuat satu set tabung yang dilengkapi port Lightning sebagai pengganti headphone jack 3.5mm model lama. Dalam hal ini Cirrus juga dikenal telah lama bekerjasama dengan Apple dalam memasok komponen audio untuk iPhone.

Menurut Alberty, keyakinannya pada penggunaan port Lightning di iPhone terbaru didasari pada pengetahuan perusahannya sebagai rekanan Apple, terutama dalam hal rangkaian sirkuit audio.

Untuk saat ini pengembangan Lightning kit buatan Cirrus difokuskan pada audio digital kualitas tinggi. Di masa mendatang, Cirrus menanti apa yang bisa dilakukan oleh konektor digital seperti Lightning, saat konektor tersebut telah diadopsi oleh para produsen headphone.

Jika Anda penasaran, berikut gambaran mengenai hal-hal yang bisa dilakukan Lightning port untuk audio, sementara tidak bisa dilakukan oleh headphone jack 3,5mm.

1. Headphone bisa mendapatkan fitur baru tanpa membutuhkan baterai tambahan
Saat Anda membeli sebuah headphone yang dilengkapi fitur noise cancelling seperti buatan Bose, headphone semacam ini membutuhkan baterai untuk menjalankan fungsinya.

Namun lain cerita jika yang dimaksud adalah headphone yang menggunakan port Lightning. Itu karena Lightning headphone mampu menarik daya dari ponsel sehingga tidak memerlukan baterai tambahan. Dalam hal ini terbuka kemungkinan Lightning headphone akan mampu mengubah fungsi headphone menjadi gadget terpisah, bukan sekedar speaker yang hanya bisa berfungsi dengan bantuan ponsel.

2. Noise Cancelling
Fitur noise cancelling bekerja menggunakan mikrofon untuk mengukur suara di sekitar headphone. Selanjutnya menggunakan bantuan software, suara-suara tersebut dipecah sehingga tidak mengganggu pendengaran si pemakai headphone.

Menurut Alberty, koneksi digital seperti pada Lightning memungkinan perangkat elektronik bisa disambungkan ke headset tanpa baterai. Hal itulah yang akan diberikan Cirrus melalui produk-produk barunya kelak.

3. Virtual Reality
Headphone yang memiliki support Lightning memungkinkan pelacakan pada pergerakan kepala (head tracking). Sensor yang memantau pergerakan kepala saat menggunakan headphone merupakan hal penting karena akan mampu mengoptimalkan kualtias audio pada kondisi tempat yang berbeda. Dalam hal ini Apple juga pernah dirumorkan tengah menggarap virtual reality headset.

4. Headphone bisa berfungsi sebagai FitBit
Sejumlah perusahaan besar telah memulai penelitian dan ujicoba dalam memasang monitor pencatat detak jantung ke dalam sepasang earbut. Nantinya jika hal serupa diterapkan pada headphone yang menggunakan Lightning ataupun USB Type-C, para produsen headphone akan mampu melakukan hal lebih besar dari sekedar memasang monitor pencatat detak jantung.

Menurut Alberty, saat ini ada banyak aplikasi kebugaran yang bekerja menggunakan sensor. Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan catatan detak jantung menggunakan sinar infra merah atau laser atau bahkan sebuah mikrofon.

Perlu dicatat pula bahwa di tahun 2008 Apple telah mematenkan temuan yang mampu mengumpulkan data biometrik, seperti suhu tubuh, pernapasan, dan detak jantung, menggunakan set headphone atau earbud.

5. Noise Cancelling bukan lagi fitur mahal
Saat ini noise cancelling hanya bisa ditemukan di produk headphone mahal. Dalam hal ini produk tersebut adalah headphone yang menggunakan baterai agar fitur noise cancelling bisa bekerja. Nantinya dengan Lightning headphone, fitur noise cancelling diperkirakan akan menjadi fitur standar sebuah headphone. Tidak dibutuhkannya baterai pada Lightning headphone akan menjadikan fitur noise cancelling bisa diterapkan semua headphone. Ya, noise cancelling bukan lagi fitur mahal!

Headphone dengan dukungan Lightning port memang terdengar sangat menjanjikan, bukan? Meski demikian Alberty mengingatkan agar Anda tidak buru-buru membuang headphone model lama dengan jack 3.5mm. Itu karena perusahaan besar seperti Apple pastinya juga memikirkan ada banyak sekali basis pengguna headphone jack 3.5mm sehingga tidak serta-merta menggantikannya dengan Lightning headphone.

Bahkan dia perkirakan bahwa Apple akan berikan opsi baru agar konsumen dengan Jack 3.5mm dapat gunakan hadphone lama mereka. apakah tindakan selanjutnya dari Apple ikuti terus perkembangannya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *