Kenapa iPhone Bisa Lebih Cepat walau Spesifikasinya Sedikit Rendah? ini sebabnya

iPhone
iPhone

Fans Smartphone terkadang merasa agak bingung dengan iphone yang mengusung spesifikasi di bawa produk flagship namun masih memiliki daya saing yang cukup tinggi

iOS 10
iOS 10

Smartphone itu bahkan bisa lebih cepat dan stabil daripada samrtphone Android yang ada namun jika melihat penjelasan pakar hal itu di sebabkan oleh optimalisasi dari Software dan hardware yang terbilang baik di iOS dari pada OS Android.

minimnya varian iPhone yang ada sehingga tiap-tiap komponen optimal pemakaiannya untuk satu jenis software saja; tanpa ada custom UI tambahan.

Namun ada faktor lain yang tak kalah penting; jika selama ini perhatian para penggemar umumnya tertuju pada jenis prosesor, berapa kecepatan, serta seberapa besar memori RAM yang digunakan, pengguna tampaknya juga lupa bahwa kualitas dari jenis memori internal yang dipakai juga memegang peranan penting.

Salah satu alasan mengapa performa iPhone 6s bisa jauh lebih cepat ketimbang iPhone 6 adalah cara Apple dalam mengatur memori. AnandTech menjelaskan bahwa Apple mengusung teknologi controller SSD di MacBook (*yang terkenal sangat cepat dalam menjalankan transfer data) dan mengemasnya ulang agar cocok untuk digunakan di smartphone. Selain itu, Apple juga menggunakan protokol NVMe dengan memori NAND kustom untuk menggantikan memori eMMC atau UFS.

Seperti yang bisa Anda lihat pada grafis dari AnandTech di atas, iPhone 6s jauh lebih cepat ketimbang Galaxy S7 yang menggunakan memori jenis UFS 2.0, padahal memori tersebut memiliki kecepatan 260MBps dan 850MBps dalam menulis & membaca data.

Nampaknya Samsung Memiliki rencana untuk meningkatkan sebuah kemampuan UFS yang telah mereka kembangkan jika di ingat juga VR kini menjadi konten yang trend.1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *