Saat Menjalankan Aplikasi Berat iPhone 7 & iPhone 7 Plus mengeluarkan Suara Aneh

Peluncuran iPhone 7 di gelombang pertama menuai beberapa keluhan mirip seperti peluncuran iPhone 6 di Tahun 2014 lalu jika kemarin anda sudah tau mengenai keterbatasan tombole home baru di iPhone baru ini yang tidak mampu respon sentuhan jari jika pengguna menggunakan sarung tangan

iPhone 7
iPhone 7

Keluhan baru muncul mengenai sejumlah pengguna mengenai suara aneh yang muncul di bagian belakang ponsel, tiap saat iPhone di gunakan untuk jalankan perintah atau jalankan aplikasi yang terbilang berat.

Advertisement
Salah satu pengguna pertama yang mengawali keluhan ini adalah pengguna Twitter bernama Stephen Hackett, dimana dirinya menyertakan sebuah video via YouTube untuk memperlihatkan jenis suara seperti apa yang muncul di bagian belakang iPhone 7 Plus miliknya. Hackett mengaku kalau suara tersebut terdengar cukup keras, dan direkam ketika iPhone menjalankan perintah sinkronisasi dengan iCloud. Setelah Hackett, sejumlah pengguna iPhone 7 lainnya segera muncul dan menyampaikan keluhan serupa, tentunya dengan tingkat volume yang beragam untuk perintah yang berbeda.

Namun masalah ini tampaknya cuma menyerang sebagian kecil unit saja, karena mayoritas pengguna lainnya sama sekali tak mendapati masalah serupa. Sumber masalah sepertinya berasal dari sebuah koil tertentu di dalam iPhone, yang bergetar dan akhirnya menghasilkan resonansi suara yang bisa terdengar di telinga. Mayoritas prosesor atau GPU memang cenderung menghasilkan suara mendesis dalam skala kecil, namun akan semakin keras jika mengalami masalah dalam pemrosesan perintah.

Sebelumnya hal tersebut memang bukan masalah, namun seiring dengan peningkatan performa prosesor A10 yang kini bahkan setara dengan sebuah MacBook Pro edisi 2013 dan mengalahkan prosesor Intel Xeon di Mac Pro, maka jangan heran jika suara aneh tersebut muncul.

Hackett mengatakan bahwa setelah melaporkan masalah ini, Apple langsung tanggap dan siap mengganti iPhone 7 Plus miliknya dengan unit baru yang bebas dari masalah. Seandainya masalah yang muncul lebih besar.

Maka Besar kemungkinan yang terjadi bahwa Apple akan lakukan beberapa perombakan desain secara darurat seperti ketika mereka dapat masalah bendgate beberapa tahun silam.