EarPod Dengan Port Lightning Bermasalah di iPhone 7

Sukses dengan datangkan beberapa upgrade penting di iPhone 7 seperti A10 prosessor yang memiliki kesetaraan dengan MacBook Pro Edisi 2013

Jack Lightning
Port Lightning

Kamera juga yang dihadirkan pada perangkat ini terbilang sukses, yap kamera ganda di perangakt terbaru Apple ini sekelas dengan kamera DSLR.

Advertisement

Namun sayang keunggulan tersebut masih belum bisa diimbangi oleh fitur-fitur baru lainnya; jika sebelumnya Apple sudah menuai keluhan gara-gara munculnya suara aneh ketika iPhone 7 menjalankan aplikasi berat dan hilangnya sinyal seluler gara-gara bug di mode pesawat terbang, kini muncul bug baru untuk fitur yang mereka gadang-gadang sebagai revolusi terbesar di iPhone 7.

Seperti yang sudah Anda ketahui, salah satu hal yang paling disorot dari peluncuran iPhone 7 adalah hilangnya audio jack 3,5mm, dan membuat port Lightning sebagai satu-satunya port untuk melakukan recharge ponsel maupun mendengarkan musik via EarPod/AirPod. Namun sayang keputusan Apple untuk mendorong penggunaan EarPod versi Lightning malah menuai masalah, dimana sejumlah pengguna mencatat bahwa tiap kali mereka menghubungkan EarPod dengan iPhone 7 via port Lightning, dongle pengendalian volume mendadak tak bisa dijalankan dan membuat pengguna tak bisa mengatur volume, mengaktifkan Siri, juga menjawab panggilan telepon.

Masalah ini terjadi untuk EarPod asli dari Apple, dan masih belum jelas apakah masalah serupa juga terjadi untuk aksesori earphone MFi dengan port Lightning dari produsen lain. Gangguan terjadi secara acak, bukan setiap kali ditancapkan atau tiap kali pengguna lupa melepasnya. Untuk sementara, solusi termudah adalah dengan mencabut EarPod dan memasangnya kembali. Sekalipun solusinya sangat mudah, namun akan tetap menjengkelkan jika Anda mengalaminya, terlebih lagi untuk sebuah fitur andalan dari produk yang begitu mahal bukan?

Apple menanggapi hal ini dengan berjanji akan siapkan sebuah penyelesaian yang akan di luncurkan nantinya via update iOS yang akan datang ini.