Video ini tunjukan Kualitas Lapisan Kristal Safir di iPhone.

Kristal Safir memang identik dengan jam tangan namun perlu di ketahui bahan itu terkenal sebagai anti-gores yang kuat, sejak iPhone 5S di luncurkan beberapa waktu lalu kristal safir mulai di gunakan di berbagai macam kamera di iPhone

safir
safir

Hal ini bertujuan agar lensa yang di gunakan tidak tertutup oleh pelindung yang akan awet walau terkena gesekan dengan berbagai benda ketika di simpan di mana pun.

Advertisement
Namun ketangguhan kristal safir di iPhone tampaknya tak sebaik yang diduga sebelumnya; sebuah video YouTube baru dari JerryRigRverything menyoroti kualitas bahan kristal safir yang dipakai sebagai lensa kamera iPhone, terutama ketika dihadapkan pada sejumlah tes goresan untuk membuktikan ketahanannya. Hasilnya? Sekalipun Apple mengklaim kalau mereka memakai kristal safir dengan ketahanan tinggi untuk iPhone, namun tes yang dilakukan Jerry memperlihatkan kalau Apple tampaknya telah melakukan kompromi dan memakai lapisan kristal safir yang lebih murah untuk melindungi lapisan kaca utama.

Tes tersebut dilakukan dengan menggunakan mesin XRF dan mikroskop elektron, dan menyimpulkan kalau Apple tak menggunakan kristal safir murni di lensa iPhone. Bagian dalam lensa memiliki kandungan safir yang lebih sedikit ketimbang bagian yang terekspos langsung, dan sebuah perbandingan melawan jam tangan Tissot memperlihatkan kalau lensa di iPhone langsung tergores ketika mengalami tekanan sebesar skala 6 Mohs, sementara jam tangan Tissot baru tergores ketika mengalami tekanan sebesar skala 8 Mohs.

Suatu sumber tekankan bahwa lensa di iPhone memiliki ketahanan terhadap goresan dengan catatan bahwa hal itu tidak sekuat yang anda bayangkan anda dapat melihat videonya di bawah ini.