Gugatan Bermunculan Karena Masalah Touch Diasease di iPhone 6 & 6Plus

Advertisement

Tidak lama ini Muncul kabar bahwa Tiga Lembaga Hukum ikut dalam gugatan class action melawan Apple masalah ini karena kasus Touch Diasease di sejumlah iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Touch Disease
Touch Disease

Mungkin anda Bingung apa itu Touch Disease? Touch Disease adalah garis abu-abu yang berkedip muncul di layar smartphone biasanya muncul di bagian atas, namun tidak hanya itu saja smartphone yang terjangkit masalah ini biasanya akan jadi kurang responsif dengan sentuhan layar terhadap jemari.

Advertisement
Kasus ini mulai mencuat sekitar Agustus lalu dengan tuduhan bahwa model-model iPhone memiliki kelemahan pada desain yang menyebabkan masalah pada layar. Jason Villmer, seorang pemilik toko reparasi mengatakan bahwa cacat produksi telah mengubah iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sebagai bom waktu. Ia juga mengatakan bahwa semua unit iPhone 6 dan iPhone 6 Plus memiliki masalah ini.

Pada ahli menduga bahwa chip kendali touchscreen menjadi penyebab masalah ini. Chip tersebut akan kehilangan kontak dengan motherboard setelah beberapa waktu dan tidak bisa menjalankan proses. Solusinya adalah dengan menambahkan lembaran logam yang seharusnya bisa diberikan saat keduanya diproduksi. Namun Apple menarik biaya servis bagi mereka yang mengalami masalah tersebut dan masa garansinya telah habis. Meski begitu, mereka yang mengeluarkan ongkos sekitar Rp. 4,2 juta untuk iPhone rekondisi yang disediakan sebagai pengganti, juga mengalami masalah, beberapa hari atau minggu setelah mendapatkan barang tersebut.

Apple dianggap acuh dengan masalah ini, meski saat ini ada sekitar lima orang dari Apple Genius yang mengatakan bahwa Apple mengetahui masalah Touch Disease ini. Saat ini ada sekitar 9.539 orang yang ikut menggugat Apple dalam kasus tersebut.

Apakah Anda Pengguna iPhone 6 dan iPhone 6 Plus di Indonesia yang terkena hal ini? apakah anda mendapati hal yang sama seperti ulasan di atas ?