Benarkah Apple Watch adalah Fitness Tracker paling akurat ?

Advertisement

Banyak Pilihan wearable device di pasaran tapi tidak semua jenis wearlable tersebut dapat hasilkan sebuah data yang terbilang akurat

Apple Watch
Apple Watch

misal seperti fitbit yang kemarin di gugat karena data denyut jantung yang dihasilkan tidak akurat, di lain produk Smartwartch Apple pernah sesumbar mengenai produknya yang menurutnya wearable paling akurat.

Advertisement
Rupanya klaim Apple tidak berlebihan. Laporan terbaru dari TIME (via 9to5Mac) yang mengutip studi JAMA Cardiology, menunjukkan jika Apple Watch tampaknya adalah wrist wearable device yang paling akurat di pasar saat ini.

Studi ini melibatkan 50 orang dewasa yang menggunakan sejumlah perangkat wearable, termasuk Apple Watch yang ditandingkan dengan Fitbit Charge HR, Mio Alpha, dan Basis Peak, serta tak lupa chest strap. Perangkat yang terakhir ini tentu menjadi yang paling akurat dengan tingkat akurasi 99%. Sementara Apple Watch berada di bawahnya dengan akurasi sekitar 90%. Perangkat lainnya rata-rata memiliki tingkat akurasi 80%. Tidak terlalu buruk tapi juga tidak terlalu baik.

Hasil temuan studi menunjukkan jika intensitas aktivitas naik, tingkat akurasi menurun. Hal ini dikarenakan cara wrist wearable mengukur denyut jantung melalui aliran darah. Menurut Dr. Gordon Blackburn, salah satu tim studi, semua teknologi wrist wearable menggunakan alirah darah.

hmm jika anda memiliki rencana jalani aktivitas yang terbilang sangat intens mungkin anda dapat menjadikan Apple Watch sebagai wearable pilihan anda yang akurat.