Test Ini Perlihatkan perbedaan performa iPhone 7 Versi 32GB

Modified: October 22, 2016 at 12:01 am

Advertisement

Banyak anggapan yang mengatakan bahwa smartphone dengan kapasitas lebih kecil memiliki kemampuan performa yang lebih cepat dari yang lain, hal itu disebabkan karena jumlah data yang tersimpan dan sisa ruang yang ada relatif lebih kecil

iPhone 7
iPhone 7

Dan kerena itu sistem akan lebih cepat jalankan perintah akses atau melakukan penambahan data, namun dengan canggihnya tekhnologi zaman ini anggapan tersebut sudah tidak akurat lagi, hal ini di buktikan dalam smartphone baru dari Apple yaitu iPhone 7 & iPhone 7 plus yang baru rilis beberapa waktu lalu.

Advertisement
Beberapa minggu yang lalu, GSM Arena sempat mengulas perbedaan performa antara iPhone 7 & 7 Plus berkapasitas 32GB dengan iPhone 7 & 7 Plus versi 128GB dan 256GB, dimana model dengan kapasitas terkecil tersebut malah jauh lebih lambat ketimbang 2 versi di atasnya. Kini YouTuber bernama Lew Hilsenterger atau yang lebih sering dikenal sebagai Unbox Theraphy melakukan tes serupa untuk membuktikan temuan tersebut, dan mengkonfirmasi kalau iPhone 7 model 32GB tercatat 8x lebih lambat ketimbang model dengan kapasitas yang lebih besar.

Dalam tes pertama yang dijalankan, Hilsenterger menggunakan aplikasi PerformanceTest Mobile untuk melakukan simulasi dalam aplikasi dalam membandingkan tingkat kecepatan masing-masing iPhone dalam menjalankan perintah membaca dan menulis data. Tingkat kecepatan keduanya dalam membaca data memang tak terpaut jauh, namun untuk urusan menulis data, ada selisih yang cukup besar antara model 32GB dengan 128GB: model 32GB mampu menulis dengan kecepatan 42MBps, sementara model 128GB lebih cepat 8x lipat yaitu 341MBps!

Hilsenberger lalu menjalankan tes dunia nyata, dimana dirinya mentransfer sebuah film HD dari MacBook ke iPhone dengan menggunakan kabel USB. Model 256GB membutuhkan waktu selama 2 menit 34 detik untuk menyalin file film sebesar 4,2GB, sementara model 32GB membutuhkan waktu 3 menit 40 detik untuk file film yang sama.

Hmm dari hal ini kita dapat menarik kesimpulan bahwa budget berlebih dan rencana untuk beli iPhone baru, pastikanlah bahwa anda memilih varian yang di tengah atau atas seperti 128GB ataupun 256GB untuk dapat Performa yang lebih baik.